View Full Version
Ahad, 19 Dec 2021

WHO: Varian Omicron Terdeteksi Di 89 Negara

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Varian Omicron dari virus Corona telah terdeteksi di 89 negara, dan kasus yang melibatkan varian tersebut berlipat ganda setiap 1,5 hingga 3 hari di tempat-tempat dengan transmisi komunitas dan bukan hanya infeksi yang didapat di luar negeri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan jumlahnya pada hari Sabtu (18/12/2021), mencatat bahwa Omicron menyebar dengan cepat bahkan di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi atau di mana sebagian besar populasi telah pulih dari COVID-19.

Pertanyaan besar lainnya tentang Omicron masih belum terjawab, termasuk seberapa efektif masing-masing vaksin COVID-19 yang ada untuk melawannya. Data konklusif juga belum ada tentang seberapa sakit Omicron membuat pasien COVID-19, kata badan kesehatan itu.

“Keuntungan pertumbuhan substansial” Omicron atas varian Delta berarti kemungkinan akan segera menyusul Delta sebagai bentuk virus yang dominan di negara-negara di mana varian baru menyebar secara lokal, badan kesehatan PBB itu juga menyatakan.

Masih belum jelas apakah pertumbuhan kasus Omicron yang cepat adalah karena varian menghindari kekebalan yang ada, secara inheren lebih menular daripada varian sebelumnya, atau kombinasi keduanya, kata WHO.

WHO pertama kali melabeli Omicron sebagai varian kekhawatiran pada 26 November. (TRT)


latestnews

View Full Version