View Full Version
Senin, 20 Dec 2021

OKI Berjanji Bantu Bebaskan Aset Afghanistan Yang Dibekukan

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) hari Ahad (19/12/2021) berjanji untuk berkoordinasi dengan PBB sebagai bagian dari upaya untuk membebaskan ratusan juta dolar AS aset Afghanistan yang dibekukan, untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang memburuk di negara itu.

Delegasi OKI yang beranggotakan 57 orang mengatakan, selama pertemuan darurat yang diadakan di Pakistan, mereka akan bekerja "untuk membuka saluran keuangan dan perbankan untuk melanjutkan likuiditas dan aliran bantuan keuangan dan kemanusiaan."

Bank Pembangunan Islam akan memimpin upaya untuk membebaskan bantuan pada kuartal pertama tahun depan.

Pertemuan itu adalah konferensi terbesar di Afghanistan sejak pemerintah yang didukung AS jatuh pada Agustus dan Taliban kembali berkuasa.

Sejak itu, miliaran dolar dalam bentuk bantuan dan aset telah dibekukan oleh komunitas internasional, sementara negara itu berada di tengah musim dingin yang pahit.

Pada hari Ahad, Pakistan memperingatkan "dampak serius" bagi masyarakat internasional jika keruntuhan ekonomi Afghanistan berlanjut dan mendesak para pemimpin dunia untuk menemukan cara untuk terlibat dengan para pemimpin Taliban untuk membantu mencegah bencana kemanusiaan. (MeMo)


latestnews

View Full Version