View Full Version
Sabtu, 25 Dec 2021

Qatar Dan Turki Hampir Capai Kesepakatan Untuk Operasikan Bandara Di Ibukota Kabul Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Qatar dan Turki hampir mencapai kesepakatan untuk mengoperasikan bandara di ibu kota Afghanistan, Kabul, kata orang dalam diplomatik pada hari Jum'at (24/12/2021).

"Doha dan Ankara telah sepakat untuk bersama-sama mengoperasikan Bandara Internasional Kabul," menurut sumber tersebut, kata orang dalam kepada Anadolu Agency.

Mereka juga setuju untuk menjalankan empat bandara tambahan di seluruh negara yang dikuasai Taliban, kata mereka.

Perjalanan dari Bandara Internasional Kabul, hub utama Afghanistan untuk penerbangan internasional, dihentikan setelah kelompok jihadis tersebut menguasai negara itu pada Agustus.

Kesepakatan awal antara kedua negara dalam menjalankan bandara Kabul dicapai setelah menteri luar negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengunjungi Qatar awal bulan ini.

Sebagai bagian dari kesepakatan, kedua negara sepakat untuk bersama-sama menjalankan bandara, kata sumber Anadolu.

Akan ada "pertemuan teknis" minggu depan antara perwakilan Qatar dan Turki, yang juga akan bertemu dengan pejabat Taliban, sumber tersebut mengklaim. Pertemuan akan membahas "detail operasional".

Tim Qatar dan Turki akan terbang ke Afghanistan dari Qatar pada hari Jum'at untuk berdiskusi.

Baik Doha maupun Ankara tidak mengeluarkan pernyataan tentang dugaan perkembangan di bandara Kabul pada saat Anadolu menerbitkan artikelnya. (TNA)


latestnews

View Full Version