View Full Version
Selasa, 04 Jan 2022

Pasukan Yaman Tewaskan 8 Pemberontak Syi'ah Houtsi Di Marib

MARIB, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah Yaman menewaskan delapan pemberontak Syi'ah Houtsi dalam bentrokan di provinsi Marib, ketika koalisi pimpinan Saudi melancarkan serangan udara di kamp Al-Sawadiya di provinsi Al-Bayda, menurut beberapa laporan.

Pertempuran sengit telah terjadi di wilayah selatan Marib antara pemberontak syi'ah Houtsi - yang menguasai ibu kota Yaman Sana'a - dan militer Yaman - yang didukung oleh koalisi Arab yang dipimpin Saudi.

Sebuah kolom lapis baja Syi'ah Houtsi sedang menuju front Al-Kasara, sebelah barat Marib, ketika menjadi sasaran militer Yaman.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pada hari Ahad bahwa 70 pemberontak Syi'ah dukungan Iran tewas dalam serangan udara di provinsi Marib, dengan enam kendaraan militer hancur.

Koalisi melancarkan serangan udara di kamp Al-Sawadiya, Al-Bayda, pada Ahad malam setelah memberikan peringatan dan menyerukan agar lokasi tersebut dijauhkan dari warga sipil.

Koalisi - yang mengatakan serangan itu "sebagai tanggapan terhadap ancaman dan [...] kebutuhan militer" - mengatakan kamp itu digunakan untuk penyimpanan, pasokan, dan peluncuran senjata.

Koalisi mengatakan mereka akan meminta pertanggungjawaban pemberontak Syi'ah Houtsi atas setiap warga sipil yang hadir di kamp setelah peringatan diberikan.

Dikatakan "telah mengambil semua tindakan yang diperlukan sesuai dengan hukum humaniter internasional dalam operasi".

Perang Yaman - yang telah menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di dunia - meletus pada 2014, ketika pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran merebut sebagian besar negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut termasuk ibukota Sana'a dan memaksa pemerintah diasingkan di Arab Saudi.

Koalisi Arab yang dipimpin Saudi memasuki konflik pada Maret 2015, yang bertujuan untuk mengembalikan kekuasaan penuh kepada pemerintah sah Yaman. (TNA)


latestnews

View Full Version