View Full Version
Sabtu, 22 Jan 2022

Milisi Pro-Haftar Tangkap Puluhan Warga Derna Libya Setelah Lima Tahanan Kabur Dari Penjara Ghirnata

DERNA, LIBYA (voa-islam.com) - Pasukan yang setia kepada jenderal pemberontak Khalifa Haftar menangkap puluhan warga Derna pekan ini menyusul pelarian lima tahanan dari penjara Ghirnata yang terkenal di pantai timur Libya, menurut outlet media lokal.

Brigade Tareq Ben Ziyad, milisi lokal yang setia kepada "Tentara Nasional Libya" gadungan (LNA) Haftar dan milisi Awliya al-Dam menargetkan anggota keluarga dan rekan dekat merka yang melarikan diri setelah pembobolan penjara, menangkap lusinan.

Menurut outlet media Libya Kawalees, milisi pro Haftar telah mengancam kampanye penahanan lebih lanjut sebagai pembalasan jika upaya melarikan diri terus berlanjut dari pusat penahanan terkenal itu.

Derna telah dikendalikan oleh kelompok-kelompok milisi yang berafiliasi dengan Haftar sejak mereka mengalahkan Dewan Syura Mujahidin di milisi Derna pada awal 2019, setelah pengepungan bersenjata selama 8 bulan.

Pasukan yang berbeda telah berlomba-lomba untuk menguasai kota itu sejak militan yang berafiliasi dengan Islamic State (IS) mendirikan kekhalifahan mini yang memisahkan diri di kota itu pada Oktober 2014.

Kondisi di Ghirnata

Penjara Ghirnata menampung lebih dari 2.000 narapidana dalam kondisi yang telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia dan penduduk setempat selama bertahun-tahun. Mayoritas tahanan ditahan tanpa dakwaan, dengan banyak yang menunggu persidangan setelah didakwa menjadi anggota kelompok IS.

Berbicara kepada Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, Walikota Derna mengatakan bahwa penjara Ghirnata berada di luar yurisdiksi kota dan sepenuhnya berada di bawah kendali pasukan Haftar, yang secara teratur menyiksa mereka yang ditahan dalam penahanan sewenang-wenang. (TNA)


latestnews

View Full Version