View Full Version
Selasa, 19 Apr 2022

Pasukan Rusia Rebut Kota Kreminna Di Donbas Ukraina

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Pasukan Rusia pada hari Senin (17/4/2022) merebut kota Kreminna di Ukraina timur, kata pihak berwenang setempat, ketika angkatan bersenjata Kiev melancarkan serangan ke pasukan Rusia di pemukiman terdekat Rubizhne.

"Ada serangan besar di malam hari" dari Ahad hingga Senin di Kreminna, kata gubernur daerah Lugansk Sergiy Gaiday dalam sebuah pernyataan di media sosial.

"Tentara Rusia telah masuk ke sana, dengan sejumlah besar perangkat keras militer... Pembela kami telah mundur ke posisi baru," tambahnya.

Perebutan kota Kreminna mungkin telah menandai dimulainya serangan besar Rusia yang diantisipasi secara luas di wilayah Donbas timur Ukraina saat pertempuran sengit berkecamuk di wilayah tetangga Rubizhne.

Moskow telah memutuskan untuk memfokuskan kembali upayanya di Ukraina timur setelah menarik pasukan dari wilayah di sekitar ibu kota Kiev, menciptakan episentrum baru dalam konflik tersebut.

Sungai Donets mengitari Kreminna dan meliuk-liuk melewati Rubizhne, Severodonetsk, dan Lysychansk di dekatnya, yang telah bertahan dari serangan berat dari kedua sisi selama beberapa hari di garis depan.

"Kami sekarang dapat mengkonfirmasi bahwa pasukan Rusia telah memulai pertempuran untuk Donbas, yang telah mereka persiapkan sejak lama," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin malam. (TNA)


latestnews

View Full Version