View Full Version
Sabtu, 23 Apr 2022

Mantan Komandan Militer AS Akui Kesalahan Negaranya Dalam Mendukung Pemberontak Kurdi Di Suriah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Seorang mantan komandan militer AS telah mengakui kesalahan negaranya dalam mendukung pemberontak Komunis Kurdi di Suriah melawan Turki.

Mantan komandan pasukan AS Ben Hodges mengumumkan dalam pernyataan kepada saluran TV Turki Haberturk: "Saya tahu bahwa kata-kata ini mungkin mengejutkan orang Turki, tetapi kita harus mengakui kesalahan kita."

Hodges menambahkan: "Dukungan kami untuk PKK/YPG dengan senjata adalah kesalahan besar dan merusak hubungan kami dengan Turki. Oleh karena itu, ada delegasi dari Kongres di Turki sekarang yang mencoba memulihkan hubungan kami dengan Turki."

Selama bertahun-tahun, AS telah mendukung pemberontak Komunis Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dalam perangnya melawan Islamic State (IS) di Suriah utara. Turki telah mengkritik dukungan ini, menganggapnya sebagai landasan bagi koridor teroris di perbatasannya.

Ankara dan sekutu Baratnya mengklasifikasikan oraganisasi Komunis Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah memimpin pemberontakan melawan Turki sejak 1984, menewaskan puluhan ribu orang, sebagai organisasi teroris. (MeMo)


latestnews

View Full Version