View Full Version
Sabtu, 07 May 2022

Koalisi Arab Bebaskan 163 Tahanan Syi'ah Houtsi Karena Alasan Kemanusiaan

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Koalisi Arab mengatakan telah membebaskan 163 tahanan dari kelompok pemberontak Syi'ah Houtsi sebagai bagian dari inisiatif kemanusiaan Kerajaan, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada hari Jum'at (6/5/2022).

108 tahanan diangkut ke Aden, ibu kota sementara Yaman, dan sembilan diangkut ke ibu kota Sana'a yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi, melalui dua penerbangan terpisah, kata Koalisi.

Dikatakan juga bahwa 37 tahanan diangkut ke Yaman melalui jalur darat “untuk alasan kemanusiaan” dan mengingat fakta bahwa mereka tinggal di daerah yang berbatasan dengan perbatasan Arab Saudi.

Ia menambahkan bahwa sembilan petempur asing diserahkan ke kedutaan negara mereka.

Koalisi berterima kasih kepada Komite Palang Merah Internasional (ICRC) atas upayanya dalam mengoordinasikan pembebasan para tahanan, dan menegaskan kembali bahwa inisiatif kemanusiaan Kerajaan bertujuan untuk mendukung upaya perdamaian di Yaman.

Koalisi Arab mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan membebaskan 163 tahanan Syi'ah Houtsi yang berpartisipasi dalam operasi tempur melawan Kerajaan sebagai “inisiatif kemanusiaan”.

Menurut Juru Bicara Koalisi Brigadir Jenderal Turki al-Maliki, langkah tersebut berada dalam konteks inisiatif kemanusiaan sebelumnya dan bertujuan untuk mendukung upaya yang berupaya mengakhiri krisis di Yaman. (Aby)


latestnews

View Full Version