View Full Version
Ahad, 08 May 2022

11 Tentara Mesir Tewas 5 Terluka Dalam Serangan Pejuang Islamic State Di Semenanjung Sinai

SINAI, MESIR (voa-islam.com) - Sebelas tentara Mesir tewas pada hari Sabtu (7/5/2022) ketika mencoba untuk menggagalkan serangan "teroris" di zona Terusan Suez yang berbatasan dengan Semenanjung Sinai, sarang aktivitas jihadis, kata tentara.

Itu adalah kerugian terberat yang diderita tentara selama bertahun-tahun dalam kampanye jangka panjangnya di dan sekitar Sinai melawan jihadis  yang setia kepada kelompok Islamic State (IS).

Lima tentara juga terluka dalam baku tembak di timur, tepi kanal Sinai, kata tentara, menambahkan bahwa pasukan keamanan "terus mengejar teroris dan mengepung mereka di daerah terpencil Sinai".

Semenanjung Sinai Mesir telah dicengkeram oleh pemberontakan bersenjata selama lebih dari satu dekade, yang memuncak setelah penggulingan mendiang presiden Islamis dan terpilih secara demokratis Muhammad Mursi pada 2013.

Pada Februari 2018, tentara dan polisi melancarkan operasi nasional melawan jihadis yang berfokus di Sinai Utara.

Tentara mengklaim menewaskan lebih dari seribu tersangka jihadis dan mengaku hanya puluhan personel keamanan telah tewas sejak dimulainya operasi.

Pada bulan November, Mesir setuju dengan Israel untuk meningkatkan jumlah pasukannya di sekitar kota perbatasan Rafah untuk menumpas pejuang Islamic State.

Pada bulan Agustus, tentara mengklaim 13 jihadis telah tewas dan sembilan tentaranya "tewas atau terluka" selama bentrokan di Sinai, tanpa menunjukkan kapan pertempuran itu terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, jaringan pipa yang membawa minyak dan gas Mesir ke negara tetangga Israel dan Yordania telah menjadi fokus utama serangan jihadis. (TNA)


latestnews

View Full Version