View Full Version
Jum'at, 03 Jun 2022

Zelensky Sebut Rusia Telah Kuasai Sekitar Seperlima Wilayah Ukraina

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Pasukan Rusia menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina, termasuk Semenanjung Krimea yang dianeksasi dan wilayah di timur yang dikuasai oleh pemberontak dukungan Moskow sejak 2014, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kamis (2/6/2022).

Berbicara kepada parlemen Luksemburg melalui tautan video pada hari Kamis, Zelenskyy mengatakan: "Jika kita memenangkan perang ini, semua orang Eropa akan dapat terus menikmati kebebasan mereka."

"Hari ini, sekitar 20% wilayah kami berada di bawah kendali penjajah," katanya, seraya menambahkan bahwa "puluhan ribu" orang telah tewas dalam 99 hari pertama perang.

"Inilah artinya, pada kenyataannya, untuk mengkarakterisasi perang ini sebagai skala penuh," kata Zelenskyy. "Dan inilah mengapa kami menyerukan kepada dunia untuk mendukung mereka."

Zelenskyy juga mengatakan jika Rusia menang dalam perangnya di Ukraina "maka masa kelam akan datang untuk semua orang" di Eropa.

Tanpa menyebut nama Presiden Rusia Vladimir Putin, dia berkata: "Anda harus menghentikan individu ini dari menghancurkan nilai-nilai Eropa. Jika kita tidak berhasil bersama-sama menghentikan orang ini, maka ini adalah jam-jam gelap – jam-jam gelap yang telah kita alami di masa lalu. Perang Dunia Kedua."

"Saya percaya bahwa Ukraina telah menunjukkan melalui tindakannya bahwa ia memenuhi kriteria Eropa," kata Zelenskyy, menyerukan sanksi Uni Eropa lebih lanjut terhadap Rusia dan pengiriman "lebih banyak senjata, senjata modern." (TDS)


latestnews

View Full Version