View Full Version
Kamis, 09 Jun 2022

Israel Tekan Pemerintahan Presiden Biden Untuk Hapus Spyware Pegasus Dari Daftar Hitam AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Situs web AS Axios melaporkan bahwa para pejabat Israel menekan pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk menghapus perusahaan mata-mata dunia maya Israel NSO, yang memiliki Pegasus, dari daftar hitam AS.

Itu mengutip dua pejabat Israel dan satu Amerika yang menyatakan bahwa pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan permintaan tersebut, sementara pejabat Amerika lainnya membantahnya.

Situs tersebut menyatakan bahwa "Menghapus NSO dari daftar hitam AS akan menjadi pembalikan dramatis oleh pemerintahan Biden dan kemungkinan akan dikritik oleh kaum progresif di Partai Demokrat dan Kongres, serta banyak orang di komunitas keamanan siber."

November lalu, Departemen Perdagangan AS memasukkan perusahaan intelijen siber NSO dan Candiru Israel ke dalam daftar hitam perusahaan yang digambarkannya terlibat dalam kegiatan yang merusak keamanan nasional AS dan kepentingan asing Amerika.

Israel telah berada di bawah tekanan global untuk menghentikan ekspor spyware sejak Juli lalu, setelah sekelompok organisasi hak asasi dan media internasional mengungkapkan bahwa program Pegasus yang diproduksi oleh NSO digunakan untuk meretas telepon para jurnalis, perdana menteri, pejabat dan aktivis hak asasi manusia di banyak negara.

NSO juga menghadapi tuntutan hukum dan kritik dari perusahaan teknologi besar yang menuduhnya menempatkan pelanggannya pada risiko peretasan; Apple adalah salah satu perusahaan paling terkemuka yang memutuskan untuk menuntutnya. (MeMo)


latestnews

View Full Version