View Full Version
Jum'at, 17 Jun 2022

Maroko Akan Buka Kedutaan Besar Di Israel Musim Panas Ini

RABAT, MAROKO (voa-islam.com) - Maroko dijadwalkan untuk membuka kedutaan besar mereka di Israel pada  waktu musim panas ini, lapor Times of Israel pada hari Rabu (15/6/2022).

Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengatakan pada konferensi pers bahwa timpalannya dari Maroko Nasser Bourita akan mengunjungi Israel untuk secara resmi membuka kedutaan negara Afrika Utara, dengan kunjungannya kemungkinan akan berlangsung dalam 'satu atau dua bulan depan', menurut media Israel. penyiar Kan.

Israel membuka kantor penghubungnya di Maroko pada Agustus 2021, tetapi belum meningkatkan misi menjadi kedutaan, sementara Maroko membuka kantor penghubung di Tel Aviv pada Februari tahun yang sama.

David Govrin dinominasikan sebagai duta besar tetap Israel untuk Maroko, satu bulan setelah kedua negara menandatangani kesepakatan untuk menormalkan hubungan pada Desember 2020.

Sebuah sumber diplomatik Israel mengatakan bahwa peningkatan kantor diplomatik Israel di Rabat diperkirakan terjadi bersamaan dengan kunjungan menteri luar negeri Maroko Nasser Bourita, menurut The Times of Israel.

Rabat menjalin hubungan diplomatik dengan Israel tak lama setelah Bahrain dan UEA melakukannya, dengan Kesepakatan Abraham yang kontroversial.

Kesepakatan normalisasi telah dikutuk secara luas di seluruh dunia Arab dan dikecam sebagai pengkhianatan oleh Palestina, yang telah menunjukkan bahwa mereka menghargai Israel sementara terus menduduki Tepi Barat dan mengepung Jalur Gaza.

Normalisasi hubungan Maroko dengan Israel telah dikritik oleh para aktivis yang secara teratur mengadakan demonstrasi pro-Palestina yang mengecam kesepakatan itu.

Namun kedua negara telah menandatangani serangkaian perjanjian, termasuk peluncuran penerbangan komersial langsung, dan penandatanganan keamanan, penelitian ilmiah dan kesepakatan perdagangan.

Bourita melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Israel pada bulan Maret tahun ini - berpartisipasi dalam pertemuan puncak di gurun Naqab (Negev) di Israel selatan bersama dengan menteri luar negeri Arab lainnya ketika Israel berusaha untuk mengusir orang Badui Palestina dari rumah mereka di daerah tersebut.

Kunjungannya memicu reaksi dari para aktivis di Maroko. (MEE)


latestnews

View Full Version