View Full Version
Senin, 11 Jul 2022

Robot Bagikan Al-Qur'an Kepada Jamaah Haji Saat Mereka Melakukan Tawafi Wada

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islamcom) - Sebuah robot sedang mendistribusikan Al-Qur'an kepada para peziarah yang melakukan prosesi ibadah haji terakhir mereka sebelum meninggalkan Mekah, Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci melaporkan pada hari Senin (11/7/2022).

Tawaf Wada dilakukan sebelum para jamaah haji berangkat dari Mekah dan merupakan ritual wajib.

Syaikh Badr bin Abdullah Al-Furaih, wakil presiden kepresidenan untuk urusan bimbingan, menjelaskan bahwa robot tersebut menggunakan sistem navigasi otomatis ganda dan memiliki sensor tiga dimensi untuk menghindari tabrakan dengan penghalang dan orang.

Robot ini memiliki berat 59 kg dan dapat membawa beban hingga 40 kg. Kecepatannya, yang dapat dikontrol, bervariasi antara 0,5-1,2/s, dan dimensinya adalah 565x537x1290 mm.

Al-Furaih mengatakan, penggunaan teknologi, aplikasi modern, dan kecerdasan buatan menjadi salah satu prioritas kepala kepresidenan Syaikh Abdulrahman Al-Sudais.

Para jamaah melempari tiang di Jembatan Jamarat untuk terakhir kalinya pada hari Senin sebelum kembali ke Masjidil Haram di mana mereka akan melakukan Tawaf Wada. (AN)


latestnews

View Full Version