View Full Version
Jum'at, 05 Aug 2022

Saudi Umumkan Upaya Untuk Jadi Tuan Rumah Asian Winter Games 2029

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Komite Olimpiade Arab Saudi telah mengumumkan upaya untuk menjadi tuan rumah Asian Winter Games 2029 di kota besar yang direncanakan NEOM, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada hari Rabu (3/8/2022).

Para pejabat sedang berupaya agar pertandingan diadakan di proyek TROJENA di NEOM - sebuah visi ambisius untuk sebuah resor pegunungan di barat laut negara itu.

Lebih dari 32 negara Asia diperkirakan akan menghadiri pertandingan tersebut, bersaing dalam acara-acara seperti ski alpine, hoki es, biathlon, ski lintas alam, dan skating.

Rencana untuk TROJENA termasuk lereng ski luar ruangan, dibuat dengan meledakkan salju buatan di pegunungan.

Arab Saudi memperkirakan peningkatan $798 juta (tiga miliar riyal) ke PDB Saudi pada tahun 2030 dari proyek TROJENA.

Sekitar 7.000 orang diperkirakan akan tinggal secara permanen di TROJENA, dan 700.000 wisatawan diperkirakan akan berkunjung setiap tahun setelah proyek selesai, menurut SPA.

Resor pegunungan ini diharapkan menjadi salah satu bagian dari megacity NEOM yang lebih luas – sebuah proyek senilai $500 miliar yang saat ini sedang dibangun di lokasi terpencil di pantai Laut Merah.

Daerah pegunungan Tabuk, tempat Arab Saudi membangun NEOM, adalah salah satu dari sedikit daerah di negara itu yang mengalami hujan salju selama bulan-bulan musim dingin.

Olahraga musim dingin tidak sering dikaitkan dengan kerajaan gurun, tetapi Arab Saudi mengirimkan tim Olimpiade musim dingin pertamanya ke pertandingan Beijing pada bulan Februari.

Fayik Abdi berlaga di slalom raksasa putra, menempati urutan ke-44.

Pada tahun 2020, Riyadh terpilih menjadi tuan rumah Asian Games musim panas tahun 2034. (Aby)


latestnews

View Full Version