View Full Version
Senin, 05 Sep 2022

Sensor Media Sosial Atas Konten Palestina Berlanjut Pada Bulan Agustus

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Sebuah laporan oleh Pusat Sosial Sada menunjukkan bahwa pelanggaran terhadap konten online Palestina terjadi lebih dari 360 kali pada bulan Agustus. Pelanggaran tersebut termasuk penutupan akun media sosial dan halaman jurnalis dan aktivis.

“Pelanggaran ini meningkat dengan eskalasi serangan Israel yang luas, terutama agresi baru-baru ini di Jalur Gaza, diikuti oleh serangan Israel di Nablus pada 9 Agustus,” kata laporan itu. "Platform Meta berada di urutan teratas dari mereka yang menekan konten Palestina, dengan 232 pelanggaran di Facebook dan 53 pelanggaran di Instagram."

Masalah Facebook bervariasi antara menghapus postingan, membatasi akses, mencegah postingan dan mencegah penggunaan beberapa fitur seperti siaran langsung dan iklan. "Sebagian besar pelanggaran di Instagram, sementara itu, adalah 'cerita' yang terkait dengan serangan Israel di Nablus, dan agresi baru-baru ini di Jalur Gaza."

Pusat tersebut memantau empat puluh pelanggaran di Twitter, yang mengklasifikasikan banyak konten berita Palestina sebagai "sensitif"; dua belas pelanggaran di WhatsApp, sembilan di Tik Tok dan empat di YouTube. Laporannya menunjukkan bahwa jurnalis dan organisasi media adalah yang paling rentan terhadap pelanggaran, dengan 260 tercatat di akun media sosial mereka. Akun yang dihapus ternyata berisi berita terkait serangan Israel dan laporan tentang krisis kemanusiaan Palestina. "Ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai mempromosikan 'terorisme' seperti yang diklaim oleh platform ini," tegas Sada.

Meta membenarkan pembatasan konten Palestina sebagai hasutan atau memuji tindakan kekerasan, tetapi Pusat Sosial Sada percaya bahwa itu hanya "mencegah penyebaran narasi Palestina." Itu menambahkan bahwa pihaknya telah menghubungi administrator media sosial tentang akun yang menjadi sasaran, dan telah berhasil memulihkan beberapa akun jurnalis di Facebook dan Instagram. (MeMo)


latestnews

View Full Version