View Full Version
Sabtu, 17 Sep 2022

ISW: Pasukan Rusia Kemungkinan Terlalu Lemah Untuk Mencegah Kemajuan Ukraina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Institut Studi Perang (ISW) yang berbasis di Washington mengatakan dalam laporannya pada hari Sabtu (17/9/2022) bahwa citra satelit menunjukkan pasukan Ukraina menyeberang ke tepi timur sungai Oskil di wilayah Kharkiv, menempatkan artileri di sana.

Sungai itu, yang mengalir ke selatan dari Rusia ke Ukraina, telah menjadi jeda alami di garis depan yang baru muncul sejak Ukraina meluncurkan serangannya sekitar seminggu yang lalu.

“Pasukan Rusia kemungkinan terlalu lemah untuk mencegah kemajuan lebih lanjut Ukraina di sepanjang Sungai Oskil jika pasukan Ukraina memilih untuk melanjutkan operasi ofensif,” kata institut itu.

Putin tidak mampu mencapai tujuannya di Ukraina

Pasukan Rusia telah mengalami kemunduran besar sejak peluncuran serangan balasan Ukraina pekan lalu, yang telah memaksa pasukan Moskow mundur dari petak besar timur laut Ukraina.

Kemunduran bagi pasukan Rusia dan sumber daya yang terbentang di Ukraina menunjukkan bahwa pasukan Moskow tidak mampu mencapai tujuan invasi awal Presiden Vladimir Putin seperti yang terjadi sekarang, kata kepala intelijen Pentagon.

“Kami sampai pada titik sekarang di mana saya pikir Putin harus merevisi apa tujuannya untuk operasi ini,” Letnan Jenderal Scott Berrier, direktur Badan Intelijen Pertahanan, mengatakan pada konferensi pada hari Jum'at.

"Cukup jelas sekarang bahwa dia ... tidak akan bisa melakukan apa yang awalnya ingin dia lakukan."

“Rusia merencanakan pendudukan, belum tentu invasi, dan itu telah membuat mereka mundur,” kata Berrier, mengutip keengganan Putin sejauh ini untuk sepenuhnya memobilisasi pasukan Rusia untuk mendapatkan lebih banyak pasukan ke dalam pertempuran.

Presiden AS Joe Biden dan pejabat pemerintah lainnya telah berhati-hati untuk tidak menyebut mundurnya Rusia sebagai kemenangan atau titik balik Ukraina dalam perang, dan para analis memperingatkan bahwa tidak mungkin untuk menilai apa yang mungkin ada di depan dalam konflik.

“Dia datang ke titik keputusan,” kata Berrier tentang Putin.

“Keputusan apa yang akan kami tidak tahu. Tapi itu sebagian besar akan mendorong berapa lama konflik ini berlangsung.”

'nafsu risiko' Putin

Berrier berbicara di sebuah panel dengan pejabat senior lainnya di Intelijen dan KTT Keamanan Nasional komunitas intelijen di National Harbor di Maryland di luar Washington.

Wakil Direktur CIA David Cohen mengatakan bahwa “risk appetite” Putin tidak boleh diremehkan.

“Saya tidak berpikir kita harus meremehkan kepatuhan Putin pada agenda aslinya, yaitu mengendalikan Ukraina. Saya tidak berpikir kita telah melihat alasan untuk percaya bahwa dia telah pindah dari itu.” (Aje)


latestnews

View Full Version