View Full Version
Kamis, 22 Sep 2022

Militer AS Klaim Tewaskan 27 Pejuang Al-Shabaab Dalam Serangan Udara Di Somalia

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Sebuah serangan udara AS di Somalia tengah menewaskan 27 teroris Al-Shabaab, militer Amerika mengklaim pada hari Rabu (21/9/2022), Anadolu News Agency melaporkan.

Serangan udara itu dilakukan pada 18 September "atas permintaan Pemerintah Federal Somalia ... terhadap teroris Al-Shabaab yang menyerang pasukan Tentara Nasional Somalia di dekat Buulobarde," kata Komando Afrika AS dalam sebuah pernyataan.

Tidak ada warga sipil yang terluka, klaimnya lagi.

"Serangan defensif memungkinkan Tentara Nasional Somalia dan pasukan Misi Transisi Uni Afrika di Somalia (ATMIS) untuk mendapatkan kembali inisiatif dan melanjutkan operasi untuk mengganggu Al-Shabaab di wilayah Hiran di Somalia tengah," kata pernyataan itu.

"Operasi ini adalah operasi ofensif gabungan Somalia dan ATMIS terbesar dalam lima tahun."

Kekerasan telah meningkat di wilayah Hiran bulan ini, ketika pihak berwenang telah melibatkan penduduk setempat dalam upaya untuk merebut kembali desa-desa dari Al-Shabaab.

Penduduk melaporkan pertempuran sengit antara pasukan Somalia dan pejuang Al-Shabaab di Booco minggu ini, sementara pejabat senior militer mengatakan kepada Anadolu Agency pada hari Rabu bahwa ada korban di kedua belah pihak.

Booco, sebuah kota strategis sekitar 55 kilometer timur ibu kota Hiran, Beledweyne, telah berada di bawah kendali Al-Shabaab selama lebih dari 13 tahun.

Somalia telah bergulat dengan meningkatnya ketidakamanan selama bertahun-tahun, dengan Al-Shabaab menjadi salah satu ancaman utama di negara Tanduk Afrika itu.

Setidaknya sejak 2007, kelompok afiliasi Al-Qaidah itu telah melancarkan kampanye mematikan terhadap pemerintah Somalia dan pasukan internasional. (MeMo)


latestnews

View Full Version