View Full Version
Senin, 21 Nov 2022

Presiden Turki Erdogan Bertemu Dengan Al-Sisi Untuk Pertama Kalinya Di Pembukaan Piala Dunia Qatar

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan timpalannya dari Mesir Abdel Fattah el Sisi bertemu untuk pertama kalinya selama upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar pada hari Ahad (20/11/2022).

Kedua pemimpin digambarkan berjabat tangan di hadapan Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani di sela-sela Stadion al-Bayt di al-Khor, di pinggiran Doha, menjelang pertandingan pertama turnamen.

Hubungan antara Ankara dan Kairo telah retak selama hampir satu dekade. Turki menolak untuk mengakui Sisi sebagai pemimpin sah Mesir setelah kudeta militer 2013 yang menggulingkan pendahulunya Mohamed Morsi, presiden pertama yang terpilih secara demokratis di negara itu.

Pada Februari 2019, Erdogan mengatakan dia tidak akan bertemu Sisi sampai tahanan politik Mesir dibebaskan. Kelompok hak asasi manusia mengatakan Mesir menahan 65.000 tahanan politik.

“Saya tidak akan pernah bertemu dengan orang seperti itu. Pertama-tama, dia perlu membebaskan semua narapidana dengan amnesti umum. Selama dia tidak membebaskan orang-orang itu, kami tidak bisa bertemu dengan Sisi,” kata presiden Turki itu saat itu.

Middle East Eye melaporkan awal pekan ini bahwa Erdogan telah mengindikasikan bahwa dia akan mengevaluasi kembali hubungan dengan Mesir dan Suriah setelah pemilihan presiden dan parlemen domestik tahun depan.

Bersama Sisi dan Erdogan, beberapa pemimpin Timur Tengah hadir pada upacara pembukaan di Qatar, termasuk Raja Abdullah II dari Yordania, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Mohammed bin Salman, yang pernah menjadi musuh Doha yang memimpin blokade ekonomi dan politik tetangga Teluknya antara 2017-2021, tampak tersenyum dan bertepuk tangan sambil duduk di sebelah Presiden FIFA Gianni Infantino. Penguasa de-facto Saudi itu terlihat mengenakan syal dengan warna Qatar pada hari sebelumnya.

Di antara bintang yang tampil jelang pertandingan pembukaan antara tuan rumah dan Ekuador adalah penyanyi Qatar Dana dan Fahad al-Kubaisi, serta Jung Kook, anggota boyband Korea Selatan BTS.

Aktor Amerika Morgan Freeman juga menyampaikan pesan persatuan dan mengatasi perpecahan dengan influencer Qatar yang cacat Ghanim Al Muftah. (MEE)


latestnews

View Full Version