View Full Version
Senin, 23 Jan 2023

Taliban Tangkap 2 Warga Cina Yang Akan Seludupkan Ribuan Ton Batu Bermuatan Lithium Ke Luar Negeri

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pihak berwenang Taliban di Afghanistan telah menangkap lima pria, termasuk dua warga negara Cina, karena diduga berusaha menyelundupkan sekitar 1.000 metrik ton batu yang mengandung litium ke luar negeri.

Penangkapan dan penyitaan batu itu dilakukan di kota perbatasan timur Afghanistan, Jalalabad.

Warga negara Cina dan kolaborator Afghanistan mereka berencana untuk mengangkut "batu mulia" secara ilegal ke Cina melalui Pakistan, kata pejabat intelijen Taliban dalam komentar yang disiarkan hari Ahad (22/1/2023) oleh saluran televisi Afghanistan.

Mohammad Rasool Aqab, seorang pejabat senior di Kementerian Pertambangan dan Perminyakan Afghanistan, memperkirakan bebatuan tersebut “mengandung hingga 30% lithium.” Mereka “diam-diam” diambil dari Nuristan dan Kunar, dua dari beberapa provinsi Afghanistan di sepanjang perbatasan dengan Pakistan, tambahnya.

Afghanistan dilaporkan memiliki mineral tanah jarang senilai $1 triliun, termasuk deposit litium yang sangat besar, tetapi perang selama puluhan tahun telah mencegah pengembangan pertambangan Afghanistan.

Litium adalah komponen kunci dalam baterai yang dapat diisi ulang dan digunakan dalam teknologi bersih untuk mengatasi perubahan iklim, mendorong permintaan global akan logam tersebut ke tingkat yang melonjak.

Kedutaan Cina di Kabul belum mengatakan apapun tentang masalah ini. (AT)


latestnews

View Full Version