View Full Version
Selasa, 24 Jan 2023

Mahasiswa India Putar Film Dokumenter Tentang Modi Meski Dilarang Pemerintah

NEW DELHI, INDIA (voa-islam.com) - Para mahasiswa India menentang larangan pemerintah atas film dokumenter kontroversial tentang Perdana Menteri Narendra Modi, dengan pemutaran dilakukan di beberapa universitas di negara itu selama akhir pekan.

Film dokumenter BBC 'India: The Modi Question' menuduh bahwa sang perdana menteri mengatakan kepada polisi untuk menutup mata terhadap pembantaian oleh massa Hindu terhadap Muslim di Gujarat pada tahun 2002 ketika Modi saat itu menjadi perdana menteri negara bagian tersebut.

Pemerintah nasionalis Hindu menggunakan undang-undang darurat pada hari Sabtu untuk memblokir akses ke klip film tersebut, yang mereka klaim sebagai "propaganda permusuhan" dan "sampah anti-India".

Mahasiswa di Universitas Hyderabad mengabaikan upaya untuk menekan 'India: The Modi Question' dengan memutsr film tersebut di kampus, yang menyebabkan kemarahan dari kelompok mahasiswa Hindu.

Sebuah gerakan pemuda di negara bagian selatan Kerala juga menayangkan film tersebut.

Langkah-langkah pemerintah telah dikecam sebagai penyensoran oleh banyak orang di India, dengan mengatakan itu mengancam demokrasi negara bahkan klip di media sosial diblokir setelah pemerintah Modi menggunakan kekuatan darurat.

Twitter dan YouTube dilaporkan telah memenuhi permintaan New Delhi untuk memblokir 50 tweet yang memberikan tautan ke video YouTube dari film dokumenter tersebut.

Rincian  'India: The Modi Question'  sebelumnya mengklasifikasikan laporan kantor luar negeri Inggris tentang dugaan peran Modi dalam kerusuhan sektarian Gujarat, yang menyebabkan kematian ratusan, atau mungkin ribuan Muslim dan Hindu India.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengklaim bahwa Modi bertemu dengan petugas polisi senior di Gujarat dan "memerintahkan mereka untuk tidak ikut campur" di tengah gelombang kekerasan terhadap Muslim oleh umat Hindu sayap kanan.

Laporan itu mengatakan kekerasan itu "bermotif politik" dengan tujuan membersihkan "Muslim dari wilayah Hindu".

Peran Modi sebagai kepala negara ketika kerusuhan meletus terus menghantuinya, meskipun upaya berhasil membangun hubungan ekonomi dan militer dengan negara-negara Teluk yang mayoritas Muslim.

Seri kedua 'India: Pertanyaan Modi' akan ditayangkan oleh BBC pada 24 Januari, beberapa hari setelah bagian pertama yang eksplosif difilmkan. (TNA)


latestnews

View Full Version