View Full Version
Kamis, 02 Feb 2023

Pejabat Hamas: Hubungan Dunia Maya Israel-Arab Akan Jadi Bencana Bagi Timur Tengah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Memperkuat hubungan dunia maya Israel-Arab akan membawa konsekuensi bencana ke kawasan itu, terutama karena Amerika Serikat berusaha untuk memaksakan kontrol lebih besar atas Timur Tengah, kata seorang pejabat senior Hamas kepada The New Arab.

Berbicara di bawah kondisi anonimitas, pejabat tersebut mengatakan, "Selama beberapa dekade, baik AS dan Israel sangat menyadari bahwa perang berikutnya akan menjadi perang dunia maya, bukan perang militer."

“Mereka (AS dan Israel) melakukan yang terbaik untuk mengendalikan semua negara Arab, termasuk yang menormalkan hubungan mereka dengan pendudukan Israel melalui membangun hubungan dunia maya antara satu sama lain dengan dalih memerangi ancaman Iran,” pejabat yang berbasis di Turki itu ditambahkan.

Pejabat itu berpendapat bahwa bertentangan dengan retorika, pendudukan Israel dan AS berusaha untuk mengontrol rezim Arab dan menempatkan mereka di bawah pengawasan untuk kepentingan AS di wilayah Timur Tengah.

"Negara-negara yang telah menormalisasi hubungan dengan Israel akan menemukan diri mereka dalam dilema nyata dalam beberapa tahun (...) tetapi kami khawatir sudah terlambat bagi negara-negara itu untuk menyelamatkan diri," katanya, memperingatkan bahwa mereka akan " di bawah pendudukan Amerika dan Israel."

Pada hari Selasa, Kepala Siber Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Robert Silvers mengatakan bahwa "Abraham Accords membuka jalan bagi hubungan siber" dan bahwa " siber intelijen bersama adalah cara untuk melawan bahaya Iran."

Memperluas keterlibatan Abraham Accords ke dunia maya adalah langkah besar "menuju arsitektur keamanan yang lebih luas di Timur Tengah," tambah pejabat itu.

AS menyatakan harapan untuk memperluas hubungan digital antara negara-negara dalam waktu dekat.

Pada tahun 2020, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko menormalisasi hubungan mereka dengan Israel di bawah Abraham Accords yang disponsori AS, memecahkan isolasi relatif negara tersebut di Timur Tengah.

Pejabat tinggi dunia maya AS mengatakan bahwa hingga saat ini, kesepakatan tersebut "sebagian besar difokuskan pada hubungan ekonomi dan diplomatik," sedangkan peningkatan hubungan keamanan dunia maya belum sepenuhnya dieksplorasi.

Dia mengatakan bahwa Washington menggunakan Abraham Accords sebagai platform untuk "mengubah kemitraan dengan mitra asing dan industri untuk melindungi" data AS dan mitra sekutunya. (TNA)


latestnews

View Full Version