View Full Version
Jum'at, 03 Feb 2023

Astronot UEA Pertimbangkan Cara Berpuasa Selama Ramadhan Di Ruang Angkasa

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan al-Neyadi sedang mempertimbangkan cara dia akan berpuasa saat berada di orbit selama bulan suci Ramadhan.

Astronot berusia 41 tahun, yang dijuluki Sultan Luar Angkasa, akan meluncur pada 26 Februari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan roket SpaceX Falcon 9.

Bulan Ramadhan, yang akan jatuh dalam perjalanan enam bulannya, antara Maret hingga April, merupakan tantangan yang direncanakan Neyadi.

"ISS bergerak cepat... artinya mengorbit mengelilingi Bumi dalam 90 menit," katanya kepada wartawan di Dubai. "Rata-rata, ada 16 matahari terbit dan terbenam setiap hari... Kapan Anda mulai dan berbuka puasa?"

Neyadi berencana untuk tetap menggunakan waktu GMT yang digunakan di ISS.

“Saya akan mempersiapkan diri untuk bulan Ramadan dengan niat berpuasa,” ujarnya.

Hukum Islam mengizinkan mereka yang sedang dalam perjalanan jauh atau tidak sehat untuk tidak berpuasa.

Neyadi, yang bertugas di militer UEA selama 20 tahun, adalah astronot kedua dari Uni Emirat Arab (UEA) yang melakukan perjalanan ke luar angkasa setelah misi delapan hari Hazzaa al-Mansoori pada tahun 2019.

Dia belajar teknik elektronik dan komunikasi di Inggris dan kemudian menyelesaikan gelar PhD dalam teknologi pencegahan kebocoran data di Universitas Griffith di Australia.

Astronot itu berkata enam bulan "mungkin terasa lama, tapi saya tidak keberatan karena jadwalnya padat."

Dia akan mempelajari dampak gayaberat mikro pada tubuh manusia sebagai persiapan untuk misi masa depan ke Bulan dan Mars.

UEA adalah pendatang baru di dunia eksplorasi ruang angkasa tetapi dengan cepat membuat tandanya.

Pada Maret 2021, mereka mengirim pesawat ruang angkasa tak berawak ke Mars, misi antarplanet pertama di dunia Arab, dan tahun lalu mengirim penjelajah ke Bulan.

Neyadi mengatakan dia "senang" untuk memulai misi dan akan membawa serta "foto keluarga saya, mungkin beberapa mainan milik anak-anak saya".

"Saya juga akan membawa seragam jiu-jitsu saya karena kecintaan saya pada olahraga ini," tambahnya. (MEE)


latestnews

View Full Version