View Full Version
Kamis, 09 Mar 2023

Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan Gubernur Taliban Untuk Provinsi Balkh Dan 2 Pengawalnya

BALKH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah ledakan terjadi di provinsi Mazar-e-Sharif utara pada Kamis (9/3/2023) pagi, merenggut nyawa gubernur provinsi dan dua penjaga keamanannya, menurut sumber-sumber lokal.

Menurut sumber, serangan brutal terjadi di kantor gubernur provinsi sekitar pukul 10 pada Kamis pagi, yang menewaskan empat orang termasuk Mohammad Dawood Muzammil, gubernur provinsi Balkh.

Juru bicara polisi Taliban provinsi Mohammad Asif Waziri mengkonfirmasi kematian gubernur provinsi dan dua penjaga keamanannya dan mengatakan bahwa dua orang lainnya terluka dalam serangan itu.

Waziri mengatakan bahwa serangan teror itu terjadi selama rapat administratif.

Kelompok Islamic State mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut

Serangan ini terjadi saat ledakan lain terjadi di distrik lima provinsi di kota Kabul hari ini, tanpa rincian lebih lanjut tentang korban dan jenis ledakan.

Meskipun otoritas Emirat Islam telah berulang kali mengklaim bahwa perang telah berakhir di Afghanistan, keamanan masih menjadi tantangan utama bagi rezim de facto tersebut. Kelompok militan Islamic State Khorasan (IS-K) telah melancarkan serangan brutal di ibu kota Kabul dan provinsi lain, sejak Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

Selama setahun terakhir, kelompok itu telah menargetkan kedutaan asing, misi diplomatik, hotel yang dikelola Cina, dan institusi pendidikan di jantung Kabul, yang juga mengakibatkan kematian dan cedera puluhan warga sipil. (KP)


latestnews

View Full Version