View Full Version
Kamis, 23 Mar 2023

Dmitry Medvedev: Upaya Untuk Tangkap Putin Di Luar Negeri Akan Jadi 'Deklarasi Perang'

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev telah memperingatkan bahwa upaya untuk menangkap Vladimir Putin di luar negeri setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah terhadapnya akan dilihat oleh Moskow sebagai “deklarasi perang.”

Medvedev, yang menjabat sebagai presiden antara 2008 hingga 2012, telah membuat pidato yang semakin agresif sejak Putin mengirim pasukan ke Ukraina, berulang kali mengeluarkan ancaman nuklir.

Pada Rabu (22/3/2023) malam, dia mengatakan senjata Rusia akan menghantam suatu negara jika menangkap Putin.

ICC, yang berbasis di Den Haag, pekan lalu mengumumkan surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Rusia tersebut, yang dituduh mendeportasi anak-anak Ukraina.

"Mari kita bayangkan - jelas bahwa ini adalah situasi yang tidak akan pernah terjadi - namun mari kita bayangkan itu terjadi," kata sekutu Putin itu.

“Kepala negara nuklir saat ini tiba di wilayah, katakanlah, Jerman, dan ditangkap. Apa ini? Deklarasi perang melawan Federasi Rusia.”

Medvedev mengatakan bahwa jika ini terjadi "semua sarana kami, roket dan lainnya, akan terbang di Bundestag, di Kantor Kanselir, dan seterusnya."

Medvedev - yang merupakan wakil ketua dewan keamanan Rusia - mengatakan keputusan ICC akan memperburuk hubungan dengan Barat.

Komentarnya muncul dua hari setelah Rusia membuka penyelidikan kriminal terhadap jaksa ICC Karim Khan dan beberapa hakim ICC lainnya, dengan mengatakan keputusan mereka "melanggar hukum".

Pengadilan yang berbasis di Den Haag juga mengeluarkan surat perintah terhadap Maria Lvova-Belova, komisaris kepresidenan Rusia untuk hak-hak anak.

Pada hari Rabu, badan legislatif ICC mengatakan menyesali "ancaman" terhadap pengadilan atas surat perintahnya.

"Kepresidenan majelis menyesalkan upaya untuk menghalangi upaya internasional untuk memastikan akuntabilitas atas tindakan yang dilarang berdasarkan hukum internasional umum," katanya dalam sebuah pernyataan. (Aby)


latestnews

View Full Version