View Full Version
Selasa, 02 May 2023

Laporan: Panglima Pemberontak Khalifa Haftar Dukung RSF Sudan Dengan Bahan Bakar Dan Senjata

TOBRUK, LIBYA (voa-islam.com) - Panglima pemberontak Libya Khalifa Haftar mendukung Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan dengan bahan bakar, senjata, dan pasokan lainnya, menurut laporan The Guardian.

RSF setia kepada Mohamad Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, dan telah terlibat dalam konflik melawan angkatan bersenjata Sudan sejak 15 April.

Beberapa truk membawa bahan bakar dari kilang minyak di dekat kota al-Jawf Libya ke pasukan RSF, menurut laporan itu, selain obat-obatan, fasilitas, dan persediaan lainnya.

Beberapa persenjataan, termasuk rudal anti-tank yang dijarah dari persediaan rezim Libya lebih dari satu dekade lalu, diangkut melalui udara.

Haftar tidak mau mengakui mendukung satu pihak atau lainnya dalam konflik Sudan.

Perang di Sudan telah menghancurkan proses rapuh negara itu untuk beralih ke pemerintahan sipil setelah tiga dekade di bawah rezim Omar al-Bashir. Para petempur baru - Abdel Fattah-al Burhan, yang memimpin tentara Sudan, dan Mohamed Hamdan Dagalo, kepala RSF - keduanya berpengalaman selama rezim Bashir.

Pernah menjadi sekutu dan mitra koalisi, mereka telah berselisih secara spektakuler selama beberapa bulan terakhir, yang menyebabkan peperangan terbuka di jalan-jalan Khartoum.

Beberapa pemain internasional mengamati perkembangan di Sudan dengan cermat. UEA memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Hemedti. Senjata dan pendanaan dari negara-negara lain, termasuk Libya, kemungkinan besar akan menyulut konflik dan semakin memperburuk situasi kemanusiaan yang mengerikan di Sudan. (TNA)


latestnews

View Full Version