View Full Version
Sabtu, 16 Sep 2023

Taliban Tahan 18 Anggota Staff LSM Asal Swiss

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Otoritas Taliban di Afghanistan telah menahan 18 anggota staf sebuah LSM yang terdaftar di Swiss, termasuk seorang warga asing, kata kelompok itu pada Sabtu (16/9/2023).

Misi Bantuan Internasional (IAM) mengatakan para staf dijemput dari kantornya di provinsi Ghor, Afghanistan tengah, dan dibawa ke ibu kota Kabul.

“Saat ini, kami tidak memiliki informasi mengenai sifat tuduhan terhadap staf kami dan oleh karena itu, kami tidak dapat berkomentar atau berspekulasi mengenai situasi yang sedang berlangsung ini,” kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu.

“Namun, jika ada tuntutan yang diajukan terhadap organisasi kami atau anggota staf mana pun, kami akan meninjau secara independen setiap bukti yang disajikan.”

Juru bicara otoritas Taliban tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

IAM telah beroperasi di Afganistan sejak tahun 1966, ketika IAM mulai mengkhususkan diri pada perawatan mata, namun kemudian merambah ke bidang kesehatan dan pendidikan lainnya.

Situs webnya menggambarkan organisasi tersebut berdasarkan nilai-nilai Kristiani, namun menyatakan bahwa organisasi tersebut tidak memberikan bantuan berdasarkan keyakinan politik atau agama.

“Kami menghargai dan menghormati adat dan budaya setempat,” kata kelompok itu dalam pernyataannya. (Aby)


latestnews

View Full Version