View Full Version
Jum'at, 13 Jan 2012

Profesor Astronomi Turki Larang Mahasiswi Berjilbab Memasuki Kampus

TURKI (voa-islam.com) - Seorang profesor di Universitas Ege di provinsi barat Izmir, Turki, tidak mengzinkan para mahasiswa perempuan yang memakai jilbab untuk mengikuti kuliahnya, meskipun larangan tersebut telah diangkat oleh Dewan Pendidikan Tinggi (Yok) pada tahun 2010.

Profesor astronomi Esat Rennan Pekünlü menunggu di pintu depan untuk fakultas dan tidak akan mengizinkan siswa yang mengenakan jilbab, bahkan untuk memasuki gedung tersebut, harian Taraf melaporkan pada hari Kamis.

Dalam komentar untuk harian Taraf pada Kamis, Nadide Kazancı, dekan Fakultas Ilmu pengetahuan mengatakan fakultas tersebut tidak tahu bagaimana menangani Profesor Pekünlü dan menambahkan bahwa ada penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap profesor tersebut, yang diduga melecehkan seorang siswa wanita di taman fakultas.

..Profesor astronomi Esat Rennan Pekünlü menunggu di pintu depan untuk fakultas dan tidak akan mengizinkan siswa yang mengenakan jilbab, bahkan untuk memasuki gedung tersebut..

Di dinding gedung fakultas tanda-tanda yang berbunyi "Siswa yang mengenakan jilbab tidak bisa masuk [gedung fakultas]." "Dia memposting tanda-tanda di dinding tersebut dan kita menghapusnya sesegera mungkin," kata Kazancı.

Seorang mahasiswa matematika yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada Taraf bahwa profesor tersebut berdiri di pintu gedung fakultas dan tidak mengizinkan para mahasiswi yang mengenakan jilbab untuk masuk. Siswa menceritakan: "Dia mengambil foto-foto mahasiswi yang mengenakan jilbab dan menghina mereka. Saya pernah mencoba untuk menghadiri kelasnya mengenakan wig [diatas jilbab], namun ia menolaknya dan mengatakan kepada saya untuk keluar dari ruangan itu. "

Meskipun larangan jilbab tersebut telah dicabut pada tahun 2010 oleh Yok, pelarangan sewenang-wenang masih diterapkan di beberapa universitas di Turki. (st/wb)

diduga melecehkan seorang siswa wanita di taman fakultas.

latestnews

View Full Version