View Full Version
Jum'at, 13 Apr 2012

Al-Shabaab Tangkap 25 Orang Penjual Khat di Kismayo

KISMAYO, SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Al-Shabaab telah menahan 25 penjual Khat di kota pelabuhan Kismayo dan menghancurkan sejumlah kios yang digunakan oleh para pedagang barang haram tersebut.

Sebagaimana dilansir Sunatimes, Al-Shabaab pada Kamis menggerebek kios-kios sementara para penjual  Khat di kota tersebut dan menangkap 25 pedagang Khat lokal, yang memicu protes dari para pemilik kios.

Abdirahim Mudey, pemimpin Al-Shabaab di kota itu yang memimpin tim pembongkaran mengatakan mereka menyerbu warung-warung tersebut setelah para pemiliknya gagal memenuhi perintah Al-Shabaab yang melarang menjual Khat di kota Kismayo.

Keluarga para tahanan dilaporkan terlihat berkumpul di depan pusat penahanan milik pejuang Islam Somalia tersebut, menuntut pembebasan mereka segera.

Khat adalah daun narkotika ringan yang dikunyah sehingga menyebabkan kegembiraan, hilangnya nafsu makan dan euforia. Al-Shabaab menganggap itu sebagai stimulan yang tidak Islami.

Insiden itu terjadi dua hari setelah ratusan pedagang Khat, terutama perempuan, di kota Kismayo turun ke jalan untuk memprotes larangan Al-Shabaab pada komoditas itu, dan mengatakan bahwa itu adalah sumber utama kehidupan mereka.

Para pengunjuk rasa berbaris di luar markas besar Al-Shabaab daerah tersebut menuntut pencabutan dari pelarangan penjualan daun Narkotika oleh Al-Shabaab di kota itu.

Kelompok Al-Shabaab sebelumnya telah memberi ultimatum waktu selama 20 hari bagai para pedagang Khat di kota pelabuhan Kismayo untuk tidak lagi menjual komoditas tersebut. (by/st)


latestnews

View Full Version