View Full Version
Selasa, 01 May 2012

Pejabat Intelijen AS: Afiliasi Al-Qaidah Ancaman Teror Terbesar bagi AS dan Barat

WASHINGTON (voa-islam.com) - Seorang pejabat intelijen senior AS mengatakan, inti kelompok Al-Qaidah yang dipimpin oleh Sheikh Usamah bin Ladin telah dikalahkan oleh afiliasinya sebagai ancaman teror terbesar ke Amerika Serikat, Layanan Pres Tentara Amerika melaporkan pada hari Ahad, menjelang peringatan satu tahun gugurnya Sheikh Usamah bin Ladin Rabu besok (2/5/2012).

"Dengan kematian Sheikh Usamah Bin Ladin, bahwa gerakan jihad global kehilangan pemimpin yang paling ikonik, paling efektif dan paling inspiratif," kata Robert T. Cardillo, Wakil Direktur Intelijen Nasional untuk integrasi intelijen, wartawan dalam konferensi awal pekan ini.

Kematian Sheikh Usamah Bin Ladin mengizinkan orang kedua dalam Al-Qaidah dalam Sheikh Ayman al Zawahiri untuk bergerak ke atas, tetapi "ia tidak merubah arah strategis kelompok dan tidak memiliki kharisma untuk menarik anggota baru," kata Cardillo.

..cabang-cabang Al-Qaidah di daerah seperti Semenanjung Arab dan Somalia akan melampaui inti Al-Qaidah yang tersisa di Pakistan, dan setiap kelompok akan "mencari peluang untuk menyerang kepentingan Barat..

Dia mencatat bahwa cabang-cabang Al-Qaidah di daerah seperti Semenanjung Arab dan Somalia akan melampaui inti Al-Qaidah yang tersisa di Pakistan, dan setiap kelompok akan "mencari peluang untuk menyerang kepentingan Barat" dengan "niat dan kesempatan yang berbeda untuk melaksanakan rencana tersebut. "

Cardillo juga mengatakan ketidakstabilan berkepanjangan di Tunisia, Mesir dan Yaman akan memberikan Al-Qaidah, afiliasinya dan sekutunya lebih banyak waktu untuk membangun jaringan, mendapatkan dukungan dan berpotensi terlibat dalam operasi. (by/xin)


latestnews

View Full Version