View Full Version
Kamis, 31 May 2012

PBB: 579 Warga Sipil Afghan Tewas dalam 4 Bulan Pertama Tahun 2012

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang pejabat tinggi Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) mengatakan sekitar 579 warga sipil telah tewas dalam empat bulan pertama tahun ini.

Berbicara dalam konferensi pers di Kabul, kepala UNAMA Jan Kubis, mengklaim 79 persen dari korban disebabkan oleh militan, sembilan persen oleh tentara Afghanistan dan internasional, sementara 12 persen tewas dalam kekerasan non-kombatan.

Dia mengatakan meskipun korban sipil telah turun 21 persen dibandingkan dengan empat bulan pertama tahun lalu, masih ada kekhawatiran tentang korban sipil di masa depan. Sekitar 1.216 orang terluka pada kuartal pertama tahun ini, katanya.

Kematian yang paling meningkat adalah berasal dari insiden bom jibaku dan pinggir jalan. Dia mendesak pasukan keamanan Afghanistan untuk melakukan yang terbaik untuk mencegah korban sipil begitu mereka mengambil alih penuh keamanan negara tersebut.

Wakil khusus PBB memuji janji yang dibuat pada konferensi Chicago baru-baru ini namun mengatakan beberapa negara peserta tidak menyebutkan korban sipil selama pidato mereka.

Sepekan yang lalu sekitar sembilan orang, termasuk anak-anak dan wanita, tewas dan 19 cedera ketika bus penumpang menghantam bom pinggir jalan di provinsi Ghazni dan Helmand.

Pejabat lokal menyalahkan Taliban atas ledakan itu tetapi gerakan pejuang Islam Taliban menolak tuduhan tersebut.

Di tenggara Paktia, para pejabat mengatakan tentara NATO menewaskan delapan anggota keluarga, termasuk perempuan dan anak-anak empat hari lalu. Aliansi itu mengatakan mereka telah melakukan investigasi atas pembunuhan itu.

Menurut laporan PBB sebelumnya, sekitar 3.021 warga sipil tewas pada 2011. (by/pjhwk)


latestnews

View Full Version