View Full Version
Selasa, 25 Sep 2012

Pasukan Kenya Bantai 9 Warga Sipil Tak Berdosa di Kismayo

KISMAYO, SOMALIA (voa-islam.com) - Setidaknya sembilan warga sipil tak berdosa dibantai oleh militer Kenya, yang bertugas di bawah misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) di desa Somalia selatan pada hari Ahad (23/4/2012) laporan-laporan mengatakan.

Penembakan itu terjadi di Janay Abdalla, sebuah desa kecil yang terletak hanya sekitar 50 km dari kota pelabuhan yang dikuasai pejuang Islam Kismayo, ketika mujahidin Al-Shabab menyerang pasukan sekutu di daerah tersebut.

Pada hari Senin, pasukan Somalia dan Kenya dilaporkan mencapai di Janay Abdalla, di mana pasukan Kenya menembak dan menewaskan sedikitnya 9 orang ketika mereka membeli gula di pusat perbelanjaan di desa.

Sumber-sumber mengatakan petugas militer mengadakan pembicaraan dengan sesepuh setempat Serta kerabat dari orang-orang yang dibunuh, untuk membicarakan tentang kejadian dan peluncuran penyelidikan atas pembantaian terhadap warga sipil tersebut.

Penduduk setempat menyatakan shock dan marah atas pembunuhan massal oleh pasukan Kenya dan menyerukan perlindungan masyarakat selama operasi militer tersebut.

Sementara itu, Kolonel Ali Aden Hamud, juru bicara AMISOM, mengklaim kepada layanan BBC Somalia bahwa insiden ini sangat menjengkelkan, seraya menambahkan bahwa mereka akan mengambil tindakan yang sesuai setelah penyelidikan selesai.

Tentara Kenya menyerbu ke Somalia Oktober lalu, untuk menghentikan serentetan serangan lintas perbatasan dan pembunuhan terhadap para pejabat dan pekerja bantuan asing yang mereka tuduhkan kepada kelompok pejuang Islam, Al-Shabaab. (by/mareeg)


latestnews

View Full Version