View Full Version
Selasa, 16 Oct 2012

Pejabat Afghanistan: 3 Anak Tewas dalam Serangan Udara NATO di Helmand

KANDAHAR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Para pejabat Afghanistan hari Senin mengatakan bahwa serangan udara NATO telah menewaskan tiga anak kecil ketika serangan itu menargetkan pejuang Taliban yang menanam ranjau di jalan di Afghanistan selatan.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NATO mengkonfirmasi serangan udara di distrik Nawa provinsi Helmand pada hari Ahad, mengatakan bahwa tiga pejuang Islam gugur dan pihaknya sedang menyelidiki laporan-laporan bahwa anak-anak juga tewas dalam insiden tersebut.

"Dua penananm ranjau Taliban diidentifikasi dan ditargetkan oleh ISAF dari udara dan dibunuh," kepala polisi distrik Ahmad Shah Khan kepada AFP.

"Tiga anak-anak, dua laki-laki dan seorang gadis, yang sedang mengumpulkan kayu bakar di dekatnya juga tewas," tambah Khan.

Farid Ahmad Farhang, juru bicara polisi Helmand, mengkonfirmasi insiden itu dan mengatakan serangan itu menewaskan dua pejuang Islam dan tiga anak kecil.

Ribuan warga sipil tewas dalam perang Afghanistan setiap tahunnya. Korban sipil yang disebabkan oleh pasukan NATO dalam operasi terhadap pejuang Islam merupakan isu sensitif dalam hubungan antara kekuatan pimpinan AS dan pemerintah Presiden Hamid Karzai.

Karzai sering bereaksi dengan marah, dengan alasan bahwa insiden seperti itu membuat orang menentang pemerintahannya di tengah pemberontakan yang sedang berlangsung oleh Taliban yang berusaha untuk menjatuhkannya. (by/dawn)


latestnews

View Full Version