View Full Version
Ahad, 13 Apr 2014

Polisi: Anggota Al-Shabaab Penyerang Wetgate Mall Kemungkinan Masuk Lewat Uganda

KAMPALA, UGANDA (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Somalia yang menyerbu pusat perbelanjaan Westgate di Nairobi tahun lalu yang menewaskan sedikitnya 67 orang, kemungkin telah memasuki Kenya dari negara tetangga Uganda, seorang pejabat senior polisi sebagaimana dikutip mengatakan pada Sabtu (12/4/2014).

Kepala polisi Uganda, Jenderal Kale Kayihura, mengutip laporan intelijen menunjukkan bahwa Uganda telah digunakan sebagai tahap transit. Dia menambahkan bahwa Uganda juga masih beresiko mendapat serangan.

"Bahkan intelijen menunjukkan penyerang Westgate melewati Uganda," kata juru bicara pemerintah Uganda, Ofwono Opondo, mengutip perkataan sang jenderal selama pertemuan tingkat tinggi pekan ini dari para kepala keamanan dan pejabat pemerintah senior.

"Uganda sedang digunakan sebagai rute transit oleh para "teroris" yang mengebom Kenya," tambahnya." Kita harus memastikan tidak ada gangguan di Kampala."

Kelompok mujahidin Somalia Al-Shabaab yang terkait Al-Qaidah menyatakan bertanggung jawab atas serangan Westgate, mengatakan itu adalah peringatan bagi Kenya untuk menarik pasukannya dari Somalia selatan, di mana mereka telah memerangi mujahidin sebagai bagian dari pasukan Uni Afrika.

Tentara Uganda juga berperang sebagai bagian dari pasukan Uni Afrika, dan pada tahun 2010 pembom jibaku Al-Shabaab menewaskan sedikitnya 76 orang di restoran di ibukota Uganda.

Orang-orang bersenjata penyerang Westgate Mall diyakini berjumlah hanya empat orang dan semuanya gugur dalam baku tembak dengan pasukan keamanan yang mengepung pusat perbelanjaan favorit para ekspatriat di Kenya tersebut. (by.\/tds)


latestnews

View Full Version