View Full Version
Rabu, 16 Apr 2014

Terduga AQAP Tembak Mati Wakil Gubernur dan Perwira Intelijen Yaman di Baydha

BAYDHA, YAMAN (voa-islam.com) - Mujahidin yang diyakini dari Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) membunuh wakil gubernur provinsi Baydha di pusat Yaman hari Selasa (15/4/2014). Kepala keamanan provinsi Baydha, Adel al Asbahi, mengatakan bahwa orang-orang bersenjata menembaki wakil gubernur provinsi, Hussein Dayyan, saat ia melangkah ke luar rumahnya di al Baydha City, ibukota provinsi.

Seorang pejabat keamanan setempat Yaman yang menolak untuk diidentifikasi mengklaim bahwa para penyerang mengenakan topeng, dan menuduh Al-Qaidah di Semenanjung Arab melaksanakan serangan itu. Dia mengatakan bahwa pembunuhan itu "memiliki semua ciri dari Al-Qaidah," menurut Al Arabiya. Mujahidin, yang mengendarai mobil pada saat serangan itu, berhasil meloloskan diri.

Hanya beberapa jam setelah pembunuhan Hussein Dayyan itu, mujahidin juga dianggap dari AQAP membunuh Nasser al Rimah, seorang perwira intelijen Yaman berpangkat tinggi, di pasar yang populer di distrik Dhahar Baydha.

Sumber-sumber di dinas keamanan Yaman sebelumnya telah menyatakan bahwa provinsi Shabwa, Hadramout, Abyan, dan Baydha telah menjadi medan perang dari sebuah perang terbuka antara Al-Qaidah dan personil keamanan Yaman yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun dan menyebabkan ratusan kematian. AQAP telah secara rutin menargetkan pejabat politik, militer, dan intelijen Yaman, terutama sejak pasukan Yaman merebut kembali wilayah yang dikuasai AQAP antara 2011-2012.

Provinsi Baydha terutama telah menjadi benteng AQAP sejak peningkatan jumlah mujahidin yang bermigrasi ke sana setelah mundur dari provinsi tetangga Abyan sebagai akibat dari serangan balasan militer Yaman pada tahun 2012. (by/tlwj)

Foto: Hussein Al-Dayyan, wakil gubernur provinsi Baydha Yaman


latestnews

View Full Version