View Full Version
Selasa, 22 Apr 2014

Afghanistan Minta Iran Hentikan Hukuman Gantung bagi Warga Afghan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Para pejabat di kementerian luar negeri Afghanistan mengatakan hari Senin (21/4/2014) bahwa pemerintah Afghanistan telah menyampaikan keberatan dan keprihatinan serius mengenai pelaksanaan kekseusi terhadap pengungsi Afghanistan oleh pemerintah Iran .

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Ahmad Shekiba Mostaghni mengatakan bahwa pemerintah Iran terus-menerus mengeksekusi pengungsi Afghanistan meskipun kesepakatan antara kedua negara yang akan mencegah eksekusi warga Afghanistan di Iran.

Mostaghni mengatakan, pemerintah Afghanistan terus mendesak Iran untuk tidak mengeksekusi warga Afghanistan.

Dia mengatakan pemerintah Iran telah setuju untuk menghentikan eksekusi dari 50 tahanan Afghanistan berdasarkan kesepakatan yang dicapai antara kedua negara.

Menurut Mostaghni, sekitar 3000 warga Afghanistan berada di penjara-penjara Iran namun jumlah pasti tahanan yang menghadapi hukuman mati tidak diketahui.

Hal ini datang katika otoritas lokal di provinsi Takhar timur laut Afghanistan mengatakan sedikitnya enam warga Afghanistan termasuk sejumlah warga Takhar digantung di Iran, namun Mostaghni mengatakan hanya empat warga Afghanistan dieksekusi. (by/kp)


latestnews

View Full Version