View Full Version
Rabu, 30 Apr 2014

Karzai: Pasukan AS dan Inggris Jalankan Penjara Rahasia di Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengecam pasukan AS dan Inggris di Afghanistan kerena menjalankan fasilitas penahanan ilegal di Afghanistan selatan.

Karzai memerintahkan lembaga-lembaga keamanan dan Jaksa Agung Afghanistan untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menutup atau memindahkan fasilitas penahanan NATO di Afghanistan selatan.

Instruksi Presiden Hamid Karzai diberikan setelah tim penyelidikan Afghanistan mengkonfirmasikan adanya penjara NATO di provinsi Kandahar dan Helmand selatan.

Menurut temuan dari tim penyelidikan, pasukan AS mengoperasikan tiga penjara di lapangan terbang Kandahar sementara tiga penjara lain sedang dioperasikan oleh pasukan Inggris di provinsi selatan Helmand.

Tim penyelidikan juga menegaskan bahwa sejumlah warga Afghanistan ditahan di penjara tersebut dan mereka telah berbicara dengan sejumlah tahanan yang bahkan tidak memiliki kasus apapun.

Istana Presiden menyusul sebuah pernyataan mengatakan Presiden Karzai memerintahkan penasihat keamanan nasional untuk membahas keberadaan setiap fasilitas penahanan lainnya di Afghanistan dan menegaskan bahwa fasilitas penahanan tersebut harus segera diserahkan ke pemerintah Afghanistan. (by/kp)


latestnews

View Full Version