View Full Version
Selasa, 08 Mar 2016

Wanita Shalat Gerhana Sendirian di Rumah, Bolehkah?

Soal:

Bolehkah wanita shalat gerhana matahari di rumah sendirian?

Jawab:

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan para sahabatnya.

Saat terjadi gerhana matahari, disunnahkan untuk melaksanakan shalat sebanyak 2 rakaat. Utamanya dikerjakan di masjid dengan berjamaah, berdasarkan praktek Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Namun boleh juga dilaksanakan sendiri-sendiri seperti shalat nafilah lainnya. (Mulakhkhash Al-Fiqhi, Dr. Shalih Fauzan Al-Fauzan: I/284)

[Baca Konsultasi sebelumnya: Wanita Shalat Gerhana (Khusuf) Sendirian di Rumah]

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, ia mengatakan: "Terjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, lalu beliau shalat dan orang-orang mengikuti shalat beliau. Kemudian beliau berdiri dalam waktu yang sangat panjang sepanjang sekitar bacaan surat Al-Baqarah. Kemudian beliau ruku' dengan ruku' yang sangat panjang. Kemudian beliau berdiri cukup panjang, namun lebih pendek dari yang pertama. Kemudian beliau ruku' dengan ruku' yang cukup panjang, namun lebih pendek daripada ruku' yang pertama." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits dari Jabir Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: "Pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pada hari yang sangat panas. Kemudian beliau shalat bersama para sahabatnya dengan memperpanjang berdiri hingga membuat mereka jatuh tersungkur. Kemudian beliau ruku' dengan panjang, lalu mengangkat kepalanya dan berdiri dengan masa yang panjang. Kemudian beliau ruku' kembali dengan ruku' yang panjang. Kemudian beliau sujud dua kali, lalu berdiri kembali. Beliau mengulanginya seperti rakaat pertama. Jadi shalat tersebut, empat kali ruku' dan empat kali sujud." (HR. Muslim, Abu Dawud, al-Nasai, dan Ahmad)

Ringkasnya, bagi wanita yang mampu dan aman ke masjid untuk Shalat Kusuf (gerhana matahari) di masjid dengan berjamaah. Ini yang lebih utama. Jika khawatir fitnah dan kesulitan ke masjid, maka boleh ia shalat sendirian di rumah. Tatacaranya telah diulas sebelumnya, “Tata Cara Shalat Kusuf (Gerhana Matahari)”. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

  • Dijawab: Badrul Tamam
  • Kirimkan pertanyaan atau makalah ilmiah Antum ke [email protected] atau ke 087781227881 (WA/SMS/Telp)

latestnews

View Full Version