View Full Version
Senin, 04 Jun 2018

Pasukan India dan Pakistan Kembali Terlibat Baku Tembak di Kashmir Setelah Ketenangan Singkat

KASHMIR, INDIA (voa-islam.com) - Pasukan India dan Pakistan sekali lagi telah terlibat baku tembak mematikan di perbatasan Kashmir yang disengketakan menyusul periode singkat ketenangan di sana.

Pasukan Keamanan Perbatasan India mengatakan dua pasukannya tewas dan beberapa warga sipil terluka setelah polisi perbatasan Pakistan di Sialkot menembak ke bagian Kashmir yang dikuasai New Delhi pada hari Ahad (3/6/2018).

"Para prajurit yang terluka segera dievakuasi ke rumah sakit militer di mana mereka kemudian tewas(karena luka-luka mereka)," kata jurubicara pasukan perbatasan India Manoj Yadav di Jammu, ibukota musim dingin wilayah Himalaya yang bergolak.

Pasukan India mengklaim mereka membalas tembakan setelah diserang oleh pihak Pakistan.

Pakistan tidak segera mengomentari laporan India atau apakah ada kerusakan yang diderita di sisi perbatasannya.

Hanya empat hari yang lalu, Pakistan dan India setuju untuk menghormati gencatan senjata 2003 di Kashmir dan mengakhiri pelanggaran gencatan senjata.

Kedua pihak sepakat untuk menghormati kondisi yang tercantum dalam gencatan senjata "dalam surat dan semangat" menyusul beberapa tingkat kekerasan tertinggi di Kashmir sejak perjanjian itu ditandatangani.

Kedua belah pihak saling menyalahkan karena melanggar gencatan senjata 15 tahun.

Puluhan orang tewas dalam bentrokan perbatasan dalam beberapa bulan terakhir di sepanjang perbatasan yang membagi wilayah itu menjadi zona kontrol India dan Pakistan, membuat warga ketakutan.

Komitmen baru untuk gencatan senjata telah mendorong ribuan warga sipil untuk kembali ke rumah mereka setelah berminggu-minggu baku tembak.

Kashmir telah dibagi antara kedua belah pihak sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris pada tahun 1947. Kedua belah pihak mengklaim wilayah Himalaya itu secara penuh.

Namun, banyak orang di Kashmir yang dikuasai oleh New Delhi, yang kebanyakan Muslim, menentang kontrol India dan mencari otonomi atau bergabung dengan Pakistan.

New Delhi menuduh Islamabad mendukung pejuang pro-kemerdekaan, sebuah tuduhan yang ditolak oleh pemerintah Pakistan.

Islamabad, pada gilirannya, sangat kritis terhadap penempatan militer India yang berat ke Kashmir dan tindakan kerasnya terhadap penduduk Muslim di wilayah itu. (st/ptv)


latestnews

View Full Version