View Full Version
Kamis, 07 May 2015

Daripada Terbius Kata Radikal, Pemerintah Dihimbau Perkuat Ekonomi

JAKARTA (Voa-Islam.com)- Rektor Universitas Syarif Hidaytullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada menghimbau kepada pemrintah agar rakyat dilindungi dari paham-paham radikal. Salah satu yang menurutnya mampu membentengi rakyat dari ideologi tersebut ialah dengan memperkuat ekonomi, serta memperkuat ideologi bangsa.

Sekarang pemerintah dan negara harus hadir melindungi rakyatnya dari ancaman gerakan tersebut terutama dengan memperkuat ideologi bangsa dan ekonomi rakyat," kata Dede di Jakarta, Selasa (05/05/2015) sebagaimana yang dikutip dari Antara. Dan menurutnya hal tersebut lebih baik daripada menggunakan cara-cara yang represif.

Dede mengatakan mengapa dengan penguatan ekonomi dan ideologi bangsa karena mayoritas ideologi radikal “tercipta” lantaran lemahnya masyarakat terhadap ekonomi.

"Bila itu dilakukan maka salah satu ruang gerakan radikalisme agama, terutama ISIS, akan tertutup. Ancaman radikalisme itu pasti akan dengan sendirinya mentah," kata Dede.

Sehingga menurutnya, ideologi yang bertentangan dengan bangsa dan Negara Indonesia dengan sendirinya akan melemah bahkan mampu menghilang.

Terkait reaktifnya pemerintah terhadap tindakan radikalisme yang nyatanya belum hadir jelas di Indonesia, Dede tetap menghimbau agar pemerintah tidak lengah. "Meski belum nyata di Indonesia, tapi kita jangan sampai lengah, apalagi sampai kecolongan. Mereka sangat lihai dengan memanfaatkan berbagai lini kehidupan masyarakat, terutama para generasi muda," katanya. (Suryanto/Antara/Robigusta Suryanto)


latestnews

View Full Version