View Full Version
Kamis, 18 Jun 2015

Menkepri: Terdamparnya Etnis Rohingya Terkait Illegal Fishing

JAKARTA (voa-islam.com)- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pengungsi etnis minoritas muslim Rohingya ada kaitannya dengan illegal fishing yang dilakukan oleh Aceh.

Rohingya ini adalah assesment (penilaian) dari saya. Munculnya Rohingya di Aceh bukan individual, tapi ada kaitannya dengan tracking down daripada illegal fishing yang kita lakukan di Indonesia," ujar Susi, Rabu (17/06/2015) seperti yang dikutip Republika. Dan ia mengaku ini adalah penilaian induvidualnya.

Susi mencoba menganalisa bahwa apa yang terjadi sesungguhnya ialah pengungsi yang ada di Aceh ada hubungannya dengan industri perikanan Thailand. Namun, menyusul pemberantasan illegal fishing di Indonesia menguat, industri perikanan Thailand anjlok. Akibatnya, lanjut Susi, para pekerja ini dilepas secara massal ke Indonesia.

"Karena industri ini kemudian surut, maka mereka dilepas untuk dikembalikan menaikkan mereka di atas kapal-kapal secara masif dan dalam jumlah besar dalam waktu yang sangat singkat," ujar dia.
Seperti diketahui, ribuan Muslim Rohingnya, keluar mencari suaka ke berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia. Indonesia akhirnya memutuskan untuk menampung selama setahun pengungsi Rohingya tinggal di Aceh. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version