View Full Version
Selasa, 18 Aug 2015

Anggaran Kemerdekaan Mencapai Rp. 11 Miliar, Pengamat: Jokowi Tidak Peka!

JAKARTA (voa-islam.com)- Perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun telah mengahabiskan biaya tidak kurang dari Rp. 11,5 miliar. Dari sekian banyaknya biaya tersebut, Rp. 1.8 miliar untuk souvenir di dalam acara. Dan biaya tersebut diambil dari dana APBN.

Uchok Sky Khadafi, Dirtektur Center Budget Analysis (CBA) mengatakan bahwa besarnya acara kemerdekaan seperti itu menampakkan pemerintahan Joko Widodo tidak peka dengan keadaan atau kondisi rakyat Indonesia yang sedang dirudung dan dihimpit ekonomi yang tidak karuan. Untuk Jokowi sebagai kepala Negara mungkin tidak berpengaruh, namun bagi rakyat kecil tidaklah demikian.

“Tetapi, buat Presiden Jokowi, anggaran untuk merayakan 17-an tinggal ambil dan sudah ada alokasi budgetnya dari APBN. Lihat saja, anggaran untuk merayakan 17 Agustus 2015 sudah tersedia sebesar Rp11,5 milar," kata Uchok di Jakarta, Senin (17/08/2015), seperti yang dikutip jpnn.com.

Bagi Uchok, dengan  biaya sebesar itu, selain menyayangkan perilaku pemerintah yang dinilai boros, ia juga menyatakan bahwa pemerintah bermewah-mewahan. “"Alokasi anggaran untuk paket souvenir tidak masuk akal dan mahalnya bukan main ya Pak Presiden Jokowi. Masa untuk suvenir saja, bisa dihabiskan sampai sebesar Rp1,8 miliar. Wow, ini bisa-bisa isinya emas," celetuknya.

Dari hasil analisis CBA, Uchok mengungkap adanya potensi kerugian Negara sebesar Rp473,314,720, yang disebabkan panitia lelang memenangkan lelang pada perusahaan dengan penawaran lebih tinggi dan mahal. Sehingga besar kemungkinan ada upaya untuk mark up anggaran.

"Terakhir yang ditemukan adalah adanya dua perusahaan bisa memenangkan 2 item pengadaan. Ini cukup aneh dan janggal. Perusahaan tersebut adalah, Anugerah Sejahtera Amanah," ungkapnya.

Sebagai contoh, lanjut Uchok, perusahaan ini memenangkan pengadaan sewa pemasangan dan pembongkaran tenda beserta kelengkapannya dalam rangka acara Resepsi Kenegaraan pada Peringatan HUT ke-70 RI tahun 2015 di halaman tengah Istana Kepresidenan dengan alokasi sebesar Rp. 875 juta.

Kedua, sewa pemasangan dan pembongkaran tenda beserta Kelengkapannya di Halaman Depan Istana Merdeka dalam rangka Peringatan HUT Ke-70 RI Tahun 2015 dengan alokasi sebesar Rp. 2,5 miliar. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version