View Full Version
Jum'at, 21 Aug 2015

Mengerikan Menkonya Jokowi Dalang Kasus Bank Century?

JAKARTA (voa-islam.com) -  Sungguh dramatis negeri ini. Presiden Jokowi yang sudah puyeng kepalanya, akibat krisis menoter, dan anjloknya  rupiah, penginnnya segera rupiah bangkit, lalu mengangkat mantan Dirjen Panjak Darmin Nasution menjadi Menko Ekuin.

Namun, alih-alih mendapatkan pujian  yang didapat Darmin Nasution, justru Menko Ekuin yang baru di duga menjadi dalang 'mastermind' kasus Bank Century. Kasus Century menjadi pusat pemeberitaan, di mana uang Bank Century Rp 6,7 triliun menjadi 'bacakan' oleh para penguasa negeri ini.

Selanjutnya, secara tegas anggota Komisi III DPR Akbar Faizal mengatakan aktor intelektual kasus Bank Century yang belum terungkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru berkarier moncer dengan jabatan yang strategis.

Salah satu aktor intelektual tersebut menurutnya adalah Darmin Nasution yang kini menjabat Menko Perekonomian.

"Saya boleh mengatakan, Pak Budi (Mulya) hanya korban, Pak Boediono bagaimana dan deputi lain yang mengambil inisiatif bailout itu. Orang yang ambil inisiatif itu kariernya tokcer, salah satu yang saya tuding Darmin Nasution sekarang jadi Menko Perekonomian, Raden Padede, Siti Fadjriah," kata Akbar Faizal saat diskusi peluncuran buku sejumlah 'Tanya Melawan Lupa, Mengungkap 3 Surat SMI kepada Presiden SBY?' karya Mukhamad Misbakhun di Hotel Century, Jakarta  Rabu (19/8).

Mantan inisiator Hak Angket Bank Century ini juga mengatakan, menerima dokumen hasil rapat bailout Bank Century dari salah satu orang yang bekerja di Bank Indonesia menyatakan telah terjadi kasus sistemik. Namun, rapat tersebut diubah oleh Miranda Goeltom yang saat itu menjabat Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

"Dalam tranksip rapat itu, pak Budi Mulya tidak pernah memberikan inisiatif, dan tidak menyebutkan pak Budi. Pak Budi yang hutang ke Robert Tantula sebesar Rp 1 miliar itu juga sudah dibalikan," ujar dia.

Lebih jauh, politikus NasDem ini menjelaskan jika Abraham Samad pernah berjanji untuk menuntaskan kasus Bank Century. Janji itu disampaikan saat sidang fit and proper test pemilihan pimpinan KPK. Ketika itu, Abraham Samad menyanggupi untuk menyelesaikan kasus itu. Tapi, sampai Abraham Samad sudah tenggelam, Century tak terungkap. (dita/dbs/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version