View Full Version
Kamis, 21 Nov 2019

Yordania Batalkan Konferensi Antar Agama di Amman yang Akan Dihadiri Delegasi Israel

AMMAN, YORDANIA (voa-islam.com) - Konferensi antaragama di Yordania yang akan dihadiri delegasi Israel telah dibatalkan, Organisasi Pindahkan Boikot mengumumkan Rabu (20/11/2019).

Konferensi "Perdamaian Antar Agama", yang akan dimulai Kamis dan berlangsung selama tiga hari, dibatalkan oleh Kementerian Dalam Negeri Yordania.

Meskipun tidak ada alasan yang diberikan, ada spekulasi bahwa pembatalan itu karena kehadiran warga Israel di konferensi.

Hubungan antara kedua negara mengambil pukulan lain Selasa setelah keputusan Amerika Serikat untuk tidak lagi menganggap permukiman Israel ilegal.

Yordania - salah satu dari dua negara Arab yang telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel - mengecam secara tajam perubahan kebijakan AS, dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi memperingatkan "konsekuensi berbahaya".

Move Boikot, bersama kelompok-kelompok aktivis lain di Yordania, mengkritik konferensi antaragama dan partisipasi delegasi Israel bersama warga Yordania dan Arab.

Sejak masa-masa sulit perjanjian damai kedua Israel dengan negara Arab - setelah Mesir - hubungan dengan Amman telah tegang.

Jajak pendapat telah berulang kali menemukan bahwa perjanjian damai dengan Israel sangat ditentang oleh warga Yordania, lebih dari setengahnya berasal dari Palestina.

Ketegangan yang mendidih telah diselingi oleh serangan kekerasan.

Pada 2017, seorang penjaga keamanan kedutaan besar Israel di Amman membunuh dua warga Yordania.

Tiga tahun sebelumnya, seorang tentara Israel di sebuah penyeberangan perbatasan membunuh seorang hakim Yordania yang dianggapnya ancaman.

Baru bulan lalu, Amman memanggil duta besarnya dari Israel atas penahanan berkepanjangan tanpa pengadilan di negara Yahudi dua orang Yordania. Duta Besar kembali setelah keduanya dibebaskan. (TNA)


latestnews

View Full Version