View Full Version
Kamis, 05 Dec 2019

Libya Kumpulkan Bukti Ratusan Tentara Bayaran Rusia Bertempur Mendukung Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pemerintah Libya yang didukung PBB telah mengumpulkan bukti tentara bayaran Rusia dari kelompok Wagner yang bertempur bersama jenderal pemberontak Khalifa Haftar.

Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) telah mendokumentasikan antara 600 hingga 800 tentara bayaran Rusia di Libya dan sedang mengumpulkan nama-nama mereka dalam daftar untuk disampaikan kepada pemerintah Rusia, menurut Khaled al-Meshri, kepala Dewan Tertinggi pemerintah yang berbasis di Tripoli Negara.

"Kami akan mengunjungi Rusia setelah kami mengumpulkan semua bukti dan hadir ke pihak berwenang dan melihat apa yang mereka katakan," kata al-Meshri kepada The Associated Press pekan lalu. Dia tidak mengatakan kapan kunjungan itu akan terjadi.

Para pejabat AS dan Libya menuduh Rusia mengerahkan petempur dari kelompok tentara bayaran di daerah-daerah medan pertempuran utama di Libya dalam beberapa bulan terakhir.

Moskow telah berulang kali membantah berperan dalam pertempuran Libya.

Al-Meshri bersikeras pemerintahannya memiliki bukti kuat bahwa ada tentara bayaran Rusia di lapangan.

Dia mengatakan bahwa pasukan pemerintah telah menemukan ponsel, menyadap komunikasi dan menyita barang-barang pribadi yang tertinggal dalam kekacauan pertempuran.

Dia mengatakan data penerbangan menunjukkan tanggal dan nama warga Rusia yang bergerak dari Suriah ke Mesir dan kemudian ibukota Yordania, Amman, sebelum terbang ke kota Benghazi, Libya timur, kursi kekuasaan Haftar. Dia tidak merinci atau menyerahkan dokumen atau barang-barang ini kepada AP.

Grup Wagner diyakini telah mengirim tentara bayaran ke berbagai wilayah konflik, termasuk Suriah, Ukraina dan di tempat lain, meningkatkan tuduhan bahwa Moskow menggunakannya untuk menyebarkan pengaruhnya.

Perusahaan itu adalah kontraktor militer yang dijalankan oleh Yevgeny Prigozhin, seorang pengusaha yang memiliki hubungan dekat dengan Kremlin. Pejabat Rusia di masa lalu telah menolak untuk mengomentari kegiatan perusahaan itu.

Haftar didukung oleh Uni Emirat Arab dan Mesir, serta Prancis dan Rusia, sementara pemerintah berbasis Tripoli menerima bantuan dari Turki, Qatar dan Italia.

Seorang pejabat senior dari Departemen Luar Negeri AS mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya bekerja dengan mitra-mitra Eropa untuk menjatuhkan sanksi pada kontraktor militer Rusia yang bertanggung jawab untuk mengirim para tentara bayaran ke Tripoli.

"Cara organisasi Rusia ini khususnya beroperasi sebelum menimbulkan momok korban besar-besaran dalam populasi sipil," kata Asisten Sekretaris Negara untuk Urusan Timur Dekat David Schenker.

Tentara Nasional Libya gadungan pimpinan Haftar - yang terdiri dari bekas-bekas unit tentara, Salafi Madkhali, dan anggota suku - meluncurkan serangannya di Tripoli pada April setelah merebut sebagian besar Libya timur dari jihadis dan saingan lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Libya jatuh ke dalam kekacauan ketika pemberontakan yang didukung-NATO menggulingkan Muammar Khadafi pada tahun 2011. Negara ini sekarang terpecah antara pemerintah di timur, bersekutu dengan Haftar, dan GNA di Tripoli di barat.

Kedua belah pihak didukung oleh milisi. Pertempuran telah terhenti dalam beberapa pekan terakhir, dengan kedua pihak saling menembaki satu sama lain di sepanjang wilayah selatan Tripoli. (TNA)


latestnews

View Full Version