View Full Version
Senin, 13 Jan 2020

Pasukan Haftar Langgar Gencatan Senjata di Tripoli Beberapa Menit Setelah Diberlakukan

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung PBB pada hari Ahad (12/1/2020) mencatat "pelanggaran" gencatan senjata yang ditengahi bersama Rusia dan Turki hanya beberapa menit setelah itu seharusnya diberlakukan, sumber-sumber lokal melaporkan.

Sayap media pemerintah yang diperangi di Tripoli melaporkan bahwa milisi yang setia kepada jendral jahat Khalifa Haftar menargetkan posisi GNA dekat ibukota Libya dalam serentetan serangan mortir acak, menurut Aljazeera.

GNA, yang melaporkan pelanggaran yang terjadi di daerah Salah ad-Din dan Wadi al-Rabea di sekitar Tripoli, memperingatkan bahwa pemerintah akan "menanggapi dengan kekerasan" terhadap tindakan agresi selanjutnya.

GNA yang diakui secara internasional telah setuju untuk gencatan senjata, setelah seruan dari Rusia dan Turki, beberapa jam setelah pengumuman serupa oleh milisi yang loyal pada panglima perang Libya.

Fayez Sarraj, Perdana Menteri GNA yang berbasis di Tripoli, menyatakan itu berlaku mulai tengah malam pada hari Ahad, sementara menekankan bahwa pasukannya berhak untuk "membela diri terhadap serangan tindakan agresi yang diprakarsai oleh pihak lawan".

Sabtu malam, LNA Haftar mengumumkan gencatan senjata mereka, seraya menambahkan bahwa setiap pelanggaran akan ditanggapi dengan "tanggapan keras".

Gencatan senjata yang jelas telah diusulkan setelah upaya diplomatik yang intens dari Moskow dan Ankara, yang keduanya memainkan peran yang semakin menonjol di Libya dalam beberapa pekan terakhir.
 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan timpalannya dari Rusia Vladmir Putin merilis pernyataan bersama setelah pertemuan di Istandbul awal pekan ini, menyerukan gencatan senjata, tanpa menentukan kondisi.

Mundur dari meja

Otoritas yang bertikai di Libya menawarkan ketentuan yang bertentangan sebagai prasyarat untuk mengakhiri pertempuran.

Perdana Menteri Fayez Sarraj sebelumnya meminta pasukan Haftar mundur dari pinggiran ibukota dan menghentikan ofensif mereka.

Haftar dan sekutunya, sementara itu, menyerukan pembubaran milisi yang berjuang untuk GNA.

Brigadir Jenderal Khaled al-Mahjoub, seorang komandan senior di LNA, mengecilkan kemungkinan mundur dari daerah yang ditangkap pasukannya dalam sebuah wawancara dengan Associated Press.

"Penarikan tidak ada di atas meja," kata Mahjoub. Pejuang kelompok itu, lanjutnya, akan tetap berjaga-jaga di posisi mereka dan siap untuk menghadapi pelanggaran "dengan kekuatan".

LNA yang berbasis di timur meluncurkan ofensif baru mereka untuk mengambil ibu kota pada bulan April, memicu upaya internasional untuk mengatasi krisis di negara Afrika Utara.

Beberapa minggu terakhir sejak eskalasi pertempuran yang signifikan di sekitar Tripoli, juga kemajuan penting LNA ke Sirte, sebuah kota penting yang strategis yang terletak di tengah-tengah sepanjang garis pantai Mediterania di negara itu menyusul penghianatan yang dilakukan Brigade 604 Salafi Madkhali yang sebelumnya bersama GNA.

Pasukan Haftar menahan diri dari mendukung gencatan senjata yang ditengahi Turki-Rusia, hingga pengumuman larut malam pada hari Sabtu.

Misi penjaga perdamaian PBB menyambut baik kesepakatan itu.

Misi Dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Libya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berharap semua pihak akan menunjukkan "kepatuhan penuh" pada ketentuan perjanjian dan bekerja untuk mengakhiri kekerasan.

Gencatan senjata yang goyah itu terjadi ketika Libya menghadapi krisis yang monumental, dengan para pendukung asing dari otonomi Libya saingannya terlibat dalam dalam konflik negara itu.

LNA, didukung oleh pasukan Haftar, didukung oleh Uni Emirat Arab dan Mesir, serta Prancis dan Rusia.

GNA yang berbasis di Tripoli menerima bantuan dari Turki, Qatar dan Italia, dengan Turki mengirimkan pasukan ke negara itu untuk pertama kalinya, pekan lalu.

Pertempuran itu mengancam akan menjerumuskan Libya ke dalam kekacauan yang tak terkatakan, yang dapat menyaingi konflik 2011 yang mengakibatkan pengusiran dan pembunuhan mantan diktator Muammar Khadafi. (TNA)


latestnews

View Full Version