View Full Version
Ahad, 19 Jan 2020

Pemimpin Oposisi Yunani Samakan Haftar dengan Penjahat Perang Bosnia Radovan Karadzic

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Seorang pemimpin partai oposisi Yunani menyamakan komandan pemberontak Libya Khalifa Haftar dengan mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic, seorang penjahat perang yang dihukum penjara seumur hidup.

Ini terjadi setelah Haftar mengunjungi Athena pada hari Jum'at dan bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dan Menteri Luar Negeri Nikos Dendias.

“Athena hari ini menjadi tuan rumah panglima perang Libya Haftar. Tujuan diplomasi Yunani sendiri - mirip dengan yang di tahun 90-an ketika pemerintah yang dipimpin oleh Mitsotakis-snr merangkul Karadžić. Bagaimana kita bisa sampai disini? Semuanya dimulai dengan aliansi tidak jujur ​​Tsipras-Netanyahu-Exxon untuk mengebor minyak & gas di Timur Tengah” Yanis Varoufakis, yang adalah mantan menteri keuangan, menulis di Twitter.

Ayah Mitsotakis, Konstantinos Mitsotakis, juga menjadi perdana menteri di awal tahun 90-an, ketika Karadzic mengunjungi Yunani.

Pengadilan PBB di Den Haag tahun lalu memvonis Karadzic karena genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan melanggar hukum dan kebiasaan perang selama Perang Bosnia 1992-1995 dan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup.

Sejak penggulingan mendiang presiden Muammar Khadafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya: satu di Libya timur yang beraliansi dengan Haftar dan didukung terutama oleh Mesir dan Uni Emirat Arab sementara yang lainnya di Tripoli, yang menikmati pengakuan PBB dan internasional. (MeMo)


latestnews

View Full Version