View Full Version
Rabu, 26 Feb 2020

Gerombolan Radikal Hindu Bakar Sebuah Masjid di Ibukota India New Delhi

NEW DELHI, INDIA (voa-islam.com) - Sebuah masjid telah dibakar di ibukota India, New Delhi, selama bentrokan terkait undang-undang kewarganegaraan yang diskriminatif terhadap umat Islam.

Sekelompok pria Hindu radikal berpawai di sekitar masjid yang terbakar di daerah Ashok Nagar, ibukota, Selasa (25/2/2020).

Rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan gerombolan itu, dahi mereka ditandai oleh garis safron, naik ke puncak menara masjid, di mana mereka berusaha menancapkan bendera.

Setidaknya 13 orang sejauh ini telah tewas dalam tiga hari kekerasan sektarian di ibukota India.

“Saya sekarang dapat mengkonfirmasi 13 kematian. Setidaknya 150 orang telah datang ke rumah sakit kami dengan cedera, ”kata pejabat Rumah Sakit Guru Teg Bahadur, Rajesh Kalra.

Kalra mengatakan selusin orang berada dalam kondisi kritis. "Kami masih menerima beberapa orang dengan luka-luka, sebagian besar dari mereka luka tembak hari ini."

Umat ​​Hindu telah bentrok dengan Muslim di lingkungan Maujpur di ibukota dan daerah-daerah sekitarnya sejak Ahad.

Kekerasan berlanjut Selasa dengan laporan-laporan tentang pelemparan batu dan lebih banyak bangunan terbakar.

India telah dilanda protes sejak awal Desember tahun lalu, ketika parlemen negara itu meloloskan undang-undang kewarganegaraan, yang diskriminatif terhadap umat Islam. Di bawah hukum, migran dari Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan akan diizinkan untuk mengklaim kewarganegaraan India - tetapi tidak jika mereka adalah Muslim.

Tetapi ini adalah pertama kalinya kekerasan besar terjadi.

Pecahnya kekerasan terbaru bertepatan dengan kunjungan Presiden AS Donald Trump, yang mengadakan pertemuan bilateral dengan mitranya dari India, Narendra Modi, di New Delhi pada hari sebelumnya.

Pemerintah Modi dinilai mendorong intoleransi agama dan berusaha mengubah India menjadi negara Hindu. Trump telah menghadapi tuduhan fanatik agama dan rasisme di AS atas larangan perjalanannya ke beberapa negara mayoritas Muslim.

Para kritikus mengatakan undang-undang baru di India merupakan ancaman besar bagi konstitusi sekuler negara itu. (ptv)


latestnews

View Full Version