View Full Version
Sabtu, 01 Aug 2020

Trump Akan Larang Aplikasi Tik Tok di AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden Donald Trump telah mengumumkan bahwa dia akan melarang aplikasi video sharing milik TikTok di AS.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia bisa menandatangani perintah eksekutif pada hari Sabtu (1/8/2020).

Pejabat keamanan AS telah menyatakan keprihatinannya bahwa aplikasi tersebut, yang dimiliki oleh perusahaan Cina ByteDance, dapat digunakan untuk mengumpulkan data pribadi orang Amerika.

TikTok telah membantah tuduhan bahwa itu dikendalikan oleh atau berbagi data dengan pemerintah Cina.

Aplikasi yang tumbuh cepat ini memiliki hingga 80 juta pengguna bulanan aktif di Amerika dan larangan itu akan menjadi pukulan besar bagi ByteDance.

"Sejauh menyangkut TikTok, kami melarang mereka dari Amerika Serikat," kata Trump kepada wartawan di Air Force One.

Tidak segera jelas otoritas apa yang harus dilarang oleh Trump untuk TikTok, bagaimana larangan itu akan ditegakkan dan tantangan hukum apa yang akan dihadapi.

Microsoft dilaporkan telah melakukan pembicaraan untuk membeli aplikasi dari ByteDance, tetapi Trump tampaknya meragukan bahwa kesepakatan seperti itu akan diizinkan untuk dilalui.

Jika kesepakatan itu berjalan, laporan mengatakan itu akan melibatkan ByteDance yang menumpahkan operasi TikTok di AS.

Seorang juru bicara TikTok menolak untuk mengomentari larangan Trump yang diperdebatkan, tetapi mengatakan kepada media AS bahwa perusahaan itu "percaya diri dalam keberhasilan jangka panjang TikTok" di AS.

Langkah untuk melarang TikTok terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara administrasi Trump dan pemerintah Cina atas sejumlah masalah, termasuk sengketa perdagangan dan penanganan Beijing terhadap wabah virus Corona.

Apa itu TikTok? Platform ini telah meledak dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar dengan orang di bawah 20 tahun.

Mereka menggunakan aplikasi untuk berbagi video 15 detik yang sering melibatkan lip-sync untuk lagu, rutinitas komedi dan trik mengedit yang tidak biasa.

Video-video ini kemudian tersedia untuk pengikut dan orang asing. Secara default, semua akun bersifat publik, meskipun pengguna dapat membatasi unggahan ke daftar kontak yang disetujui.

TikTok juga memungkinkan pesan pribadi untuk dikirim tetapi fasilitas ini terbatas untuk "teman".

Aplikasi ini dilaporkan memiliki sekitar 800 juta pengguna bulanan aktif, yang sebagian besar berada di AS dan India.

India telah memblokir TikTok dan aplikasi Cina lainnya. Australia, yang telah melarang Huawei dan pembuat peralatan telekomunikasi ZTE, juga mempertimbangkan untuk melarang TikTok.

Mengapa AS khawatir tentang TikTok?

Pejabat dan politisi AS telah meningkatkan kekhawatiran tentang data yang dikumpulkan oleh ByteDance melalui TikTok yang akhirnya diserahkan kepada pemerintah Cina.

TikTok mengoperasikan versi aplikasi yang serupa namun terpisah di Cina, yang dikenal sebagai Douyin. Dikatakan bahwa semua data pengguna AS disimpan di AS, dengan cadangan di Singapura.

Minggu ini, TikTok mengatakan kepada pengguna dan regulator bahwa mereka akan mengamati tingkat transparansi yang tinggi, termasuk memungkinkan peninjauan algoritmanya.

"Kami tidak berpolitik, kami tidak menerima iklan politik dan tidak memiliki agenda - satu-satunya tujuan kami adalah tetap menjadi platform yang dinamis dan dinamis untuk dinikmati semua orang," kata CEO TikTok, Kevin Mayer, dalam sebuah postingam minggu ini.

"TikTok telah menjadi target terbaru, tetapi kita bukan musuh." (BBC)


latestnews

View Full Version