View Full Version
Jum'at, 01 Jul 2022

Pemimpin Tertingg Taliban Hibatullah Akhundzada Hadiri Pertemuan Ulama Seluruh Afghanistan Di Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pemimpin tertinggi Taliban Afghanistan yang tertutup, Hibatullah Akhundzada, bergabung dengan para pemimpin agama dari seluruh negeri di ibu kota, Kabul, pada hari Jum'at (1/7/2022) pada pertemuan dengan fokus pada persatuan nasional, kata kantor berita negara.

Kantor Berita Bakhtar mengkonfirmasi bahwa pemimpin tertinggi Taliban, yang berbasis di kota selatan Kandahar, menghadiri pertemuan lebih dari 3.000 peserta pria, dan mengatakan dia akan menyampaikan pidato.

Ketika gerakan Taliban meluncurkan pemerintahan sementaranya pada bulan September, setelah pasukan asing pimpinan AS mundur dan pemerintah yang didukung AS runtuh, Akhundzada yang misterius mempertahankan peran yang telah dipegangnya sejak 2016 sebagai pemimpin tertinggi, otoritas tertinggi kelompok tersebut, tetapi ia jarang dilihat secara publik.

Pertemuan Kabul dimulai pada Kamis di bawah pengamanan ketat.

Pada satu titik, tembakan berkelanjutan meletus di dekat tempat itu, yang menurut juru bicara Taliban adalah akibat dari tembakan petugas keamanan di "lokasi yang mencurigakan", menambahkan bahwa situasinya terkendali.

Setidaknya satu peserta telah menyerukan agar sekolah menengah putri dibuka tetapi tidak jelas seberapa luas dukungan untuk proposal itu.

Wakil kepala Taliban dan penjabat menteri dalam negeri Sirajuddin Haqqani berbicara dalam pertemuan itu pada hari Jumat, mengatakan dunia menuntut pemerintah dan pendidikan yang inklusif, dan masalah tersebut membutuhkan waktu.

Silaturahmi ini adalah tentang kepercayaan, interaksi, kita di sini untuk membuat masa depan kita sesuai dengan Islam dan untuk kepentingan nasional, katanya.

Taliban kembali mengumumkan bahwa semua sekolah akan dibuka pada bulan Maret, membuat banyak gadis yang muncul di sekolah menengah mereka menangis dan menuai kritik dari pemerintah Barat yang sanksi ketatnya sangat merusak ekonomi Afghanistan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa mereka akan menghormati keputusan orang-orang dalam pertemuan itu tetapi keputusan akhir tentang pendidikan anak perempuan terserah pada pemimpin tertinggi.

Seorang ulama dan pemimpin tertinggi yang putranya adalah seorang pembom jibaku, Akhundzada telah menghabiskan sebagian besar kepemimpinannya dalam bayang-bayang, membiarkan orang lain memimpin dalam negosiasi yang akhirnya membuat Amerika Serikat dan sekutu mereka pergi meninggalkan Afghanistan Agustus lalu setelah 20 tahun menggiling perang kontra-pemberontakan.  (REUTERS)


latestnews

View Full Version