View Full Version
Ahad, 15 Jan 2017

Kuota Haji Kembali Normal, MUI Minta Pemerintah Prioritaskan Calon Jamaah Lanjut Usia

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah melalui Kemenag yang sudah berhasil memperjuangkan tambahan kuota haji tahun 2017 menjadi 211.000 ribu. 

"Ini artinya ada tambahan sejumlah 52.200. Tambahan kuota tersebut sangat berarti untuk mengurangi daftar tunggu calon jamaah yang semakin panjang," kata Wakil ketua MUI Zainut Tauhid Saadi, dalam keterangan persnya, Jumat (13/1/2017).

MUI, lanjut Zainut, menghimbau kepada Kemenag dalam mendistribusikan kuota tambahan dilakukan secara berkeadilan dengan memberikan prioritas utama kepada calon jamaah lanjut usia. Hal tersebut untuk menjaga tingkat istitha'ah (kemampuan) jamaah khususnya yang berkaitan dengan kesehatan dan kemampuan fisik dalam menunaikan syarat dan rukun ibadah haji. 

"Sehingga diharapkan kesehatan calon jamaah benar-benar dalam kondisi prima. Kasihan jika calon jamaah yang sudah berusia lanjut masih harus menunggu antrian yang cukup lama,"jelasnya. 


Dikhawatirkan, tanbah Zainut, pas tiba waktu giliran berangkat kondisi badannya sudah udzur. Sehingga justru akan merepotkan semua pihak selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

MUI juga menghimbau kepada Kemenag untuk lebih meningkatkan pelayanannya kepada jamaah haji. Dari mulai proses keberangkatan di tanah air, selama musim haji di tanah suci sampai kepulangan kembali ke tanah air. Sehingga, jamaah dapat melaksanakan ibadahnya dengan tertib, lancar, aman dan nyaman.

"MUI terus mendorong Kemenag untuk melakukan lobby kepada Pemerintah KSA agar bisa menambah kuota haji setiap tahunnya agar masalah daftar tunggu bisa dikurangi secara bertahap," tutupnya. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version